PERAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DALAM PENANAMAN RELIGIUSITAS PADA SISWA SDIT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA DAN SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA

Mahfida Ustadzatul Ummah, NIM. 1320411157 (2017) PERAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DALAM PENANAMAN RELIGIUSITAS PADA SISWA SDIT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA DAN SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DALAM PENANAMAN RELIGIUSITAS PADA SISWA SDIT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA DAN SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA)
1320411157_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ DALAM PENANAMAN RELIGIUSITAS PADA SISWA SDIT SALMAN AL FARISI MLATI YOGYAKARTA DAN SDIT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA)
1320411157_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MAHFIDA USTADZATUL UMMAH, NIM. 1320411157: Peran pembelajran ekstrakurikuler tahfidz dalam penanaman religiusitas pada siswa SDIT Salman Al Farisi Mlati dan SDIT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan penulis melihat fenomena anak yang terlalu sering berinteraksi dengan gadget sehingga kehilangan fokus belajar, sulit diarahkan, termasuk sulit untuk diajak beribadah. Untuk itu diperlukan pendampingan dan arahan untuk membetengi diri dari hal-hal yang buruk, baik oleh orang tua, guru di sekolah serta lingkungan agar anak-anak tersebut agar memiliki standar dan ukuran sikap yang baik melalui penanaman religiusitas. Proses penanaman religiusitas yang dilakukan pada pembelajaran ekstrakulikuler tahfidz pada siswa sekolah dasar. Melihat fase anak-anak memiliki mekanisme psikologis religiusitas yang menonjol berupa mekanisme imitasi yang berkembang lewat proses peniruan, maka peneliti ingin mengamati proses tersebut dalam proses pembelajaran tahfidz di lembaga pendidikan. Salah satu lembaga yang menarik untuk diteliti di Yogyakarta adalah Lembaga Salman Al Farisi. Lembaga tersebut berupa yayasan yang menaungi beberapa sekolah diataranya SDIT Salman Al Farisi Mlati dan SDIT Salman Al Farisi 2. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana peran pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz dalam penanaman religiusitas pada siswa SDIT Salman Al Farisi Mlati dan SDIT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan komparasi. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis guanakan adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling), Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang ektrakurikuler, pembelajaran tahfidz dan religiusitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pembelajaran ekstrakurikuler tahfidz memiliki peran dalam penanaman religiusitas di SDIT Salman Al-Farisi 1 dan SDIT Salman Al-Farisi 2 meliputi beberapa hal, diantaranya: 1) Meningkatkan keimanan siswa, terutama iman kepada Allah sebagai pencipta alam semesta, Iman kepada kitab karena siswa senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an, dan iman terhadap hari kiamat. 2) Membentuk pribadi yang terbiasa beribadah, yaitu sholat wajib berjama’ah, dzikir atau berdo’a kepada Allah serta berinteraksi dengan Al-Qur’an melalui membaca dan menghafalkannya. 3) Perbaikan akhlak dan perilaku, berupa sikap peduli dan saling membantu baik antar siswa maupun dengan guru. Adapun faktor pendukung dan penghambat meliputi: faktor pendukung yaitu adanya ekstrakurikuler khusus tahfidz, guru ekstrakurikuler tahfidz sebagai tauladan yang baik, dan adanya sistem pembagian kelas yang baik. Untuk penghambat LBB selaku yang diamanahi sekolah untuk menyelenggarakan ekstrakurikuler belum banyak berkoordinasi dengan guru kelas, fasilitas sekolah yang belum seluruhnya memadai, dan waktu pertemuan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Tahfidz, Religiusitas
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:49
Last Modified: 01 Nov 2017 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum