PENGEMBANGAN CBA-app (CHEMISTRY BOOKLET ANDROIDAPLICATION) BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR

Muhammad Alfian Madnur, NIM. 11670049 (2017) PENGEMBANGAN CBA-app (CHEMISTRY BOOKLET ANDROIDAPLICATION) BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CBA-app (CHEMISTRY BOOKLET ANDROIDAPLICATION) BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR)
11670049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CBA-app (CHEMISTRY BOOKLET ANDROIDAPLICATION) BERBASIS ANDROID PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR)
11670049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berkembangnya pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi android sebagai media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Pengembangan booklet kimia unsur berbasis android, bertujuan mengembangkan booklet kimia unsur berbasis android berdasarkan kualitas standar proses media pembelajaran, guru kimia, dan respon peserta didik SMA/MA terhadap booklet kimia unsur berbasis android sebagai media pengayaan pengetahuan untuk peserta didik SMA/MA. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan booklet kimia unsur berbasis android menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Produk yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dari dosen pembimbing, serta penilaian awal oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan peer reviewer. Produk kemudian dinilaikan kepada 4 guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 30 peserta didik kelas XII. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian skala 5 untuk dosen ahli dan guru kimia SMA/MA, sedangkan instrumen respon peserta didik menggunakan angket. Intrumen penilaian CBA-app (Chemistry Booklet Android-Aplication) ini berupa angket penilaian kualitas berisi aspek dan kriteria penilaian meliputi 4 aspek penilaian dan 13 indikator penilaian oleh guru, serta respon peserta didik berupa lembar angket berisi 15 indikator penilaian. Hasil penilaian dan respon, selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas booklet kimia unsur berbasis android yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk booklet kimia unsur berbasis android dengan karakteristik buku pengayaan yang baik dari segi materi/isi, penyajian, bahasa dan gambar serta komponen grafika. Berdasarkan penilaian dosen ahli materi mendapatkan kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80%, penilaian dosen ahli media mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 85%%, dan penilaian guru kimia SMA/MA mendapat kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86,92%. Peserta didik memberikan respon positif dengan persentase keidealan 90,44%. Berdasarkan hasil tersebut, maka booklet kimia unsur berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas media bacaan dan pengayaan pengetahuan kimia yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, 4-D, Media Pembelajaran, Booklet, Android, Kimia Unsur
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:32
Last Modified: 01 Nov 2017 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum