PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah)

FARIDA SUSANTI, NIM. 1320412222 (2017) PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah))
1320412222_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU DALAM PEMBUDAYAAN AGAMA SISWA (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah))
1320412222_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Farida Susanti, S.Pd.I., Peranan Guru dalam Pembudayaan Agama Siswa (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah), Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif terhadap perkembangan moral manusia. Dampak negatif globalisasi di sekolah adalah degradasi moral yang dilakukan oleh siswa dan termasuk kategori kenakalan remaja. Kenakalan remaja perlu diatasi melalui adanya pembinaan remaja berupa pembudayaan agama di sekolah. SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung sebagai sekolah berciri khusus al-Islam dan Kemuhammadiyahan berupaya melakukan pembinaan remaja melalui pembudayaan agama siswa di sekolah. Pelaksanaan pembudayaan agama siswa di sekolah memerlukan peranan seluruh guru sehingga proses pembudayaan agama dapat terbentuk dalam jiwa siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian yang digunakan adalah SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembudayaan agama SMP Muhammadiyah Srumbung dan MTs Muhammadiyah Srumbung dilakukan dalam tataran nilai, tataran praktik keseharian dan tataran simbol. Perbedaan terletak pada intensitas kegiatan praktik keseharian. (2) Peranan Guru PAI SMP Muhammadiyah Srumbung sebagai pendidik, pengajar, pengelola pembelajaran, administrator, anggota masyarakat dan pemimpin. Kurangnya intensitas koordinasi dalam pelaksanaan pembudayaan agama mempengaruhi hasil pembudayaan agama siswa SMP Muhammadiyah Srumbung. Sedangkan Peranan Guru PAI MTs Muhammadiyah Srumbung sebagai pendidik, pengajar, pengelola pembelajaran, administrator, anggota masyarakat dan pemimpin. Koordinasi intensif menghasilkan pembudayaan agama siswa secara maksimal. (3) Hasil pembudayaan agama siswa SMP Muhammadiyah Srumbung yaitu prestasi akademik di atas KKM, memiliki prestasi non akademik di tingkat kabupaten, dan output siswa telah membudayakan agama dalam aspek pengalaman diri melalui partisipasi OSIS/IPM. sedangkan hasil pembudayaan agama siswa MTs Muhammadiyah Srumbung yaitu prestasi akademik di atas KKM, memiliki prestasi non akademik di tingkat kecamatan, output telah membudayakan agama dalam aspek pengalaman diri dan masyarakat melalui partisipasi dalam kegiatan organisasi OSIS sebagai ketua juga menjadi muadzin dan pendamping TPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: peranan, guru, pembudayaan, agama
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:37
Last Modified: 01 Nov 2017 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum