Implementasi Kebijakan Manajemen Kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap Tahun Ajaran 2016/2017

Ma’sumatun Ni’mah, NIM. 1320412227 (2017) Implementasi Kebijakan Manajemen Kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Implementasi Kebijakan Manajemen Kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap Tahun Ajaran 2016/2017)
1320412227_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Implementasi Kebijakan Manajemen Kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap Tahun Ajaran 2016/2017)
1320412227_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ma‟sumatun Ni‟mah S.Pd.I. “Implementasi Kebijakan Manajemen Kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap Tahun Ajaran 2016/2017”. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi merosotnya kualitas pendidikan pesantren sebagai pendidikan tertua di Indonesia. Kemerosotan ini dikarenakan kurikulum pesantren dianggap tidak mampu menjawab tantangan jaman. Kejadian ini menyebabakan para orang tua enggan menyekolahkan anak-anak mereka di lembaga tersebut. Bahkan, mereka lebih memilih lembaga pendidikan umum yang kurikulumnya lebih terarah. Berangkat dari keadaan ini para pemberhati pendidikan Islam melakukan inovasi atau terobosan kebijakan pendidikan. Salah satunya dengan menggabungkan sistem serta kurikulum pendidikan pesantren dan pendidikan umum, seperti yang diterapkan di Pondok Pesantren darul Qurro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan manajemen kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini tentang kebijakan manajemen di MTs dan MA PP Darul Qurro Kawunganten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskripfit. Buku yang dijadikan pedoman utama dalam penelitian ini adalah buku-buku yang terkait dengan kebijakan dan manajemen kurikulum pendidikan. Hasil penelitian antara lain 1) Lembaga pendidikan MTs dan MA PP Darul Qurro secara formal berada di bawah naungan Kementrian Agama. Akan tetapi, ditambahkan mata pelajaran kepondokpesantrenan, yaitu mata pelajaran Kuliyyatul Mu‟alimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor. 2) Kebijakan manajemen kurikulum di MTs dan MA PP Darul Qurro pada awalnya menggunakan kurikulum pesantren secara murni, yaitu kurikulum Kuliyyatul Mu‟alimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor. Akan tetapi, karena kurang berkembang dan kurang diminati masyarakat kurikulum tersebut diintegrasikan dengan kurikulum umum, yaitu kurikulum Kementerian Agama. 3) Faktor pendukung kebijakan manajemen kurikulum Kuliyyatul Mu‟alimin Al-Islamiyah Kuliyyatul Mu‟alimin Al-Islamiyah dan kurikulum umum di MTs dan MA PP Darul Qurro yaitu, adanya satu kesatuan komando, keselarasan dan keseistematisan manajeman, dan dukungan besar dari wali murid, kekompakan. Adapun faktor penghambat yaitu, minimnya pembukuan atau laporan tertulis, adanya sistem kurikulum umum yang berubah-ubah, tenaga pendidik yang kurang sesuai dengan kualifikasi, dan tidak ada kaderisasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro'fah, S.Ag., BSW., MA., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Manajemen, Kurikulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:43
Last Modified: 01 Nov 2017 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum