PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DISERTAI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID

Desma Hanjani Putri, NIM.13670035 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DISERTAI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DISERTAI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID)
13670035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DISERTAI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID)
13670035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran dengan sistem student center menuntut peran aktif peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan hasil belajarnya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan model talking chips disertai guided note taking. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran talking chips disertai guided note taking terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dilihat dari hasil angket 2) ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran talking chips disertai guided note taking terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dilihat dari hasil observasi 3) ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran talking chips disertai guided note taking terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Seyegan kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi pokok koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan cara angket dan observasi untuk mengetahui pengaruh keterampilan komunikasi. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif menggunakan pretest-posttest. Teknik analisis data keterampilan komunikasi dengan uji Mann Whitney dan analisis data hasil belajar kognitif dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model talking chips disertai guided note taking terhadap keterampilan komunikasi dilihat dari hasil angket. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney< 0,05 yaitu sebesar 0,001. 2) Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model talking chips disertai guided note taking terhadap keterampilan komunikasi dilihat dari hasil observasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney< 0,05 yaitu sebesar 0,000. 3) Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model talking chips disertai guided note taking terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji t< 0,05 yaitu sebesar 0,032.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran talking chips, guided note taking, keterampilan komunikasi, dan hasil belajar kognitif.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 10:56
Last Modified: 02 Nov 2017 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum