MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PROGRAM PENGAYAAN BAHASA ARAB UPTPB IAIN SALATIGA

Rona Ratna Pribadi, NIM. 1420411046 (2017) MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PROGRAM PENGAYAAN BAHASA ARAB UPTPB IAIN SALATIGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PROGRAM PENGAYAAN BAHASA ARAB UPTPB IAIN SALATIGA)
1420411046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK PROGRAM PENGAYAAN BAHASA ARAB UPTPB IAIN SALATIGA)
1420411046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Manajemen tenaga pendidik adalah suatu proses pengembangan dan pemanfaatan tenaga pendidik dalam rangka tercapainya tujuan dan sasaran individu, organisasi, masyarakat, bangsa dan internasional yang efektif. Secara garis besar, kalimat tersebut memiliki pemahaman tentang upaya mengembangkan potensi para tenaga pendidik melalui beberapa pelatihan, baik yang bersifat umum maupun khusus guna memunculkan tenaga pendidik yang benar-benar berkompetensi dalam bidangnya. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah spesifikasi kasus dalam suatu kejadian baik itu yang mencakup individu, kelompok budaya ataupun suatu potret kehidupan. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan model penelitian kualitatif, yang sifatnya deskriptif analisis. Yang mana penelitian ini memberikan gambaran yang mendasar, mendalam dan berorientasi pada proses Manajemen Tenaga Pendidik atau Sumber Daya Manusia pada Program Pengayaan Bahasa Arab di UPTPB IAIN Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Perencanaan tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) telah berjalan dengan cukup baik yang meliputi: (1) melakukan analisis kebutuhan tenaga pendidik dengan proses kegiatan menghitung terlebih dahulu berapa jumlah fakultas yang ada dan jumlah mahasiswa yang dibutuhkan, (2) Melakukan proses kegiatan menganalisis kekuatan internal yang ada di UPTPB IAIN Salatiga, (3) Menyusun dan melaksanakan rencana agar kebutuhan tenaga pendidik atau dosen pada program tersebut terpenuhi yaitu dengan cara mengadakan perekrutan dan seleksi calon tenaga pendidik yang baru. Kedua, Rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) mencakup: (1) rekrutmen tenaga pendidik atau dosen tidak tetap, tetap non PNS dan PNS yang memang berkompeten di bidang bahasa Arab. (2) menentukan persyaratan yang dibutuhkan bagi calon tenaga pendidik atau dosen dari luar perguruan tinggi atau bukan alumni. (3) menentukan sumber dan metode rekrutmen. Adapun proses seleksi tenaga pendidik atau dosen bahasa Arab yang dilakukan di UPTPB IAIN Salatiga yaitu: (1) melalui kelengkapan administrasi. (2) melalui tes tertulis. (3) melalui tes wawancara. (4) melalui tes micro teaching. Ketiga, Pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) mencakup pelatihan penilaian dengan teknik rubrik yang telah dilaksanakan sekali dalam satu tahun. Keempat, Produktifitas tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) mencakup tentang bagaimana metode pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh masing-masing tenaga pendidik atau dosen. Kelima, Pengawasan tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) meliputi kehadiran pada kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan di kelas oleh masing-masing tenaga pendidik atau dosen dengan dibuktikan dengan buku kehadiran yang dibubuhi tanda tangan tertulis dari para tenaga pendidik atau dosen pengayaan bahasa Arab. Keenam, Evaluasi tenaga pendidik bahasa Arab yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis dan Pengembangan Bahasa (UPTPB) mencakup efektifitas kehadiran di kelas yang diajar dan hasil pembelajaran yang dilakukan apakah sudah memenuhi target yang diberikan oleh UPTPB.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tenaga Pendidik, Program Pengayaan Bahasa Arab, UPTPB IAIN Salatiga.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:29
Last Modified: 02 Nov 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum