SISTEM PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI NUSA TENGGARA BARAT

Abd.Quddus Al-Badani, NIM: 1520410022 (2017) SISTEM PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI NUSA TENGGARA BARAT. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI NUSA TENGGARA BARAT)
1520410022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS DAN KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI NUSA TENGGARA BARAT)
1520410022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Quddus al-Badani. Sistem Pendidikan Ma’had Darul Qur’an wal Hadits dan Kontribusinya dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Nusa Tenggara Barat. Lombok Nusa Tenggara Barat. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Kondisi religius masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok sebelum Maulana al-Syekh kembali dari Makkah sangatlah memperihatinkan. Banyak terjadi penyimpangan dalam praktik-praktik keagamaan karena berlandaskan ajaran turunan dari nenek moyang meraka, bukan berlandaskan syari’at. Hadirnya Maulana al-Syekh merupakan sebagai rembulan di tengah kegelapan, dengan kekayaan dan keluasan ilmu yang beliau miliki, beliau mampu merubah tatanan religius masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau Lombok. Berawal dari mendirikan pesantren al-Mujahidin pada masa kolonial Belanda sampai pada akhirnya, lahirlah Ma’had di tengah-tengah masyarakat Lombok sebagai lembaga tafaqquh fi al-ddin sehingga masyarakat Lombok mengetahui ajaran syari’at yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hal terkait dengan: 1) Sistem pendidikan yang diterapkan di Ma’had serta, 2) Kontribusi yang diberikan Ma’had untuk pengembangan pendidikan Islam di Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif (deskriptif analitis)- dengan pendekatan fenomenologis. Untuk mendapatkan data yang diperlukan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sistem pendidikan yang diterapkan di Ma’had merupakan konsep sistem pendidikan spiritual Maulana al- Syekh terkait dengan komponen-komponen pendidikan tentang; a) kurikulum, b) murid, c) guru (mursyid), d) bai’at dan ijazah serta e) metode pembelajaran; 1) ceramah, 2) modeling (al-qudwah) dan 3) berhizib dan bertarekat. Dengan tujuan supaya pipa keilmuan thullab-thalibat Ma’had menyambung kepada Maulana al- Syekh dan guru-guru beliau di Makkah hingga kepada Rasulullah SAW. (2) Kontribusi yang diberikan Ma’had ini untuk pengembangan pendidikan Islam di Nusa Tenggara Barat yakni: a) Dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan seperti madrasah dan sekolah, b) mencetak kader-kader guru yang kaya akan wawasan ilmu keagamaan. c) mencetak kader-kader Ulama’ atau Tuan Guru dengan Mutakharrijin Ma’had melanjutkan belajar agama ke Madrasah as- Sholatiyyah Makkah atau pendidikan keagamaan lainnya di Timur Tengah. d) mencetak kader-kader Muballig dan Muballigah dengan mendirikan majlis taklim dan melakukan safari ramadlan. Kata kunci: Ma’had, Sistem Pendidikan, Kontribusi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ma’had, Sistem Pendidikan, Kontribusi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 09:08
Last Modified: 06 Nov 2017 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum