KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. AHMAD DAHLAN DALAM PERSPEKTIF TOKOH MUHAMMADIYAH

RZ. Ricky Satria Wiranata, NIM: 1520410067 (2017) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. AHMAD DAHLAN DALAM PERSPEKTIF TOKOH MUHAMMADIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. AHMAD DAHLAN DALAM PERSPEKTIF TOKOH MUHAMMADIYAH)
1520410067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KH. AHMAD DAHLAN DALAM PERSPEKTIF TOKOH MUHAMMADIYAH)
1520410067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Metode penelitian yang dipakai adalah Library research, jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis data menggunakan metode content analysis merupakan sebuah analisis terhadap kandungan isi yang berfokus pada interpretasi dari sebuah karya yaitu mencoba menawarkan asumsi-asumsi epistemologis terhadap pemahaman yang tidak hanya berkutat pada analisa teks tetapi juga menekankan pada konteks yang melingkupinya serta kontekstualisasinya dalam masa yang berbeda. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Konsep pendidikan karakter KH. Ahmad Dahlan adalah membentuk manusia muslim yang berbudi pekerti luhur, luas pandangan dan paham masalah ilmu keduniaan serta bersedia berjuang untuk kemajuan masyarakat secara luas kapan dan dimanapun. 2) Konsep pendidikan karakter menurut tokoh Muhammadiyah dibedakan menjadi beberapa konsep. Menurut Syafi’i Ma’arif, pendidikan karakter adalah upaya yang dilakukan oleh pendidik baik orang tua, guru dan masyarakat untuk menanamkan pribadi-pribadi yang memiliki prilaku dan cara berfikir yang sesuai dengan norma agama dan social. Karakter akan nampak dalam prilaku, dalam berfikir, dalam bertindak dan dalam rasa. Menurut Yunahar Ilyas, pendidikan karakter adalah sebuah usaha dalam menanamkan diri agar dapat berperilaku baik kepada semua ciptaan Allah SWT yaitu sesama manusia dan alam semesta. Sedangkan menurut Munir Mulkhan, hakikat pendidikan karakter bukan suatu mata pelajaran terpisah atau tempelan namun semua unsur dalam pendidikan wujudnya adalah karakter. 3) Konsep pendidikan karakter KH. Ahmad Dahlan menurut tokoh Muhammadiyah memiliki karakteristiknya masing-masing. Menurut Syafi’i Ma’arif, konsep pendidikan karakter KH. Ahmad Dahlan adalah menumbuhkan pribadi-pribadi yang cerdas namun tetap takut kepada Allah. Menurutnya, semakin banyak ilmu yang dia peroleh, semakin membuatnya bertaqwa kepada yang memberikan Ilmu. Menurut Yunahar Ilyas, konsep pendidikan karakter KH. Ahmad Dahlan adalah mencetak manusia agar memiliki kepribadian yang cerdas dan memiliki akhlaq yang mulia. Sedangkan menurut Munir Mulkhan, konsep pendidikan karakter KH. Ahmad Dahlan adalah cinta kasih. Menurutnya, hati yang suci dan welas asih adalah kesedian menahan nafsu, bersedia berkorban, tidak malas memperjuangkan kebaikan dan kebenaran, menjadi keluhuran dunia sebagai jalan mencapai keluhuran di dunia maupun di akhirat. Keywords: Pendidikan Karakter, KH. Ahmad Dahlan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, KH. Ahmad Dahlan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:42
Last Modified: 06 Nov 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum