KONSEP PENDIDIK PROFETIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Insan Kamil Karya Prof. Dr. Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki)

Muhammad Budi Sulaiman, NIM : 1520411007 (2017) KONSEP PENDIDIK PROFETIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Insan Kamil Karya Prof. Dr. Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIK PROFETIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Insan Kamil Karya Prof. Dr. Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki))
1520411007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIK PROFETIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Kitab Insan Kamil Karya Prof. Dr. Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki))
1520411007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Background of this study strat from a reality that states a number of educators have not yet mastered competition as educators and educator professions are hold by people that does not able to do it. In this case, Kitab Insan Kamil is a book of rasulullah‟s history that ilustrates Rasulullah as an educator. Therefore, the aim of this study is to know concepts of prophetic educator and competences of prophetic educator in kitab Insan Kamil si that educators say and act as Rasulullah done and so that educators quality will be improved with learners who have morals. This study is literature study that is qualitatif research by taking literature materials of kitab Insan Kamil by Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alawi Al- Maliki. Collecting data method in this research are taken from documentation and interviewing. Analysis of the data is done by taking from the main source by reading, studying, deeply examining, then analyzed until can be concluded. The results of this study shows that: 1) the basic concepts of prophetic educator are: a) faithfull to Allah b) worshiping Allah c) having morals and civilized d) happiness in the wolrd and hereafter and e) having social soul. Seeing from the character of prophetic educators a) clean in body and soul b) having knowledge c) strong physyc, love d) shame e) donor f) fulfilling promise g) patient h) zuhud i) forgiving j) fair k) tawadhu l) gentle and m) brave. Seeing from method of prophetic edutacor, a) reminding method b) missionary and teaching method c) strengthen words with reasons d) teaching with story method and e) approaching problem with analogy method. 2) competences of prophetic educator a) humanist: humanizing human being by love each other b) liberation: preventing evils by teaching them to study so that the evils are not done by them, even learners prevent those evils c) trancendention: worshiping Allah, not associate with others, sholat, zakat, and doing goods to people around. Keyword: prophetic educator, kitab insan kamil, islamic education phylosophy [INDONESIA] Latar belakang penelitian ini berawal dari realitas saat ini, mengungkapkan bahwa masih banyak terdapat pendidik yang belum menguasai kompetensi sebagai pendidik dan profesi pendidik diisi oleh orang yang tidak mampu melakukannya. Dalam hal ini, kitab Insan Kamil adalah kitab sejarah Rasulullah di dalamnya memuat tentang gambaran Rasulullah sebagai seorang pendidik. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali konsep pendidik profetik dan kompetensi pendidik profetik yang ada di dalam kitab Insan Kamil, diharapkan agar pendidik berucap dan berlaku sebagaimana Rasulullah dan berharap agar kualitas pendidikan meningkat mutunya dengan peserta didik yang berakhlak. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang termasuk penelitian kualitatif, dengan mengambil bahan kepustakaan yaitu kitab Insan Kamil karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggali dari sumber pokok dengan jalan membaca, mempelajari dan menelaah secara mendalam, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep dasar pendidik profetik adalah: dilihat dari tujuan pendidikan profetik a) Bertaqwa kepada Allah b) Menyembah Allah c) Berakhlak dan beradab d) Kebahagiaan dunia dan akhirat dan e) Berjiwa sosial. dilihat dari sifat pendidik profetik: a) Bersih lahir batin, b) Berilmu pengetahuan c) Fisik yang kuat, Kasih sayang d) Rasa Malu e) Dermawan f) Tepat janji g) Sabar h) Zuhud i) Pemaaf j) Adil k) Tawadhu‟ l) Bijaksana dan m) Pemberani. Dilihat dari Metode pendidikan profetik: a) Metode menegur b) Metode dakwah dan mengajar c) Metode menguatkan perkataan dengan alasan d) Metode mengajar dengan kisah dan e) Metode pendekatan masalah dengan perumpamaan 2) Kompetensi Pendidik Profetik a) humanis: memanusiakan manusia dengan cara menyayangi dan mengasihi seluruh makhluk b) Liberasi: mencegah kemunkaran dengan cara mengajari mereka untuk menuntut ilmu agar setiap perbuatan yang munkar tidak dilakukan, bahkan peserta didik mencegah kemunkaran itu c) Transendensi: menyembah Allah, tidak menyekutukannya dengan yang lain, mendirikan sholat, membayar zakat dan berbuat baik kepada karib kerabat. Keywords: Pendidik Profetik, Kitab Insan Kamil, Filsafat Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag
Uncontrolled Keywords: prophetic educator, kitab insan kamil, islamic education phylosophy, Pendidik Profetik, Kitab Insan Kamil, Filsafat Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:52
Last Modified: 06 Nov 2017 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum