EFEKTIVITAS PROGRAM “MULIA PARENTING SCHOOL” TERHADAP PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PESERTA DIDIK KONSORSIUM YAYASAN MULIA

Rahmawati Nurjanah, NIM: 1520411012 (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM “MULIA PARENTING SCHOOL” TERHADAP PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PESERTA DIDIK KONSORSIUM YAYASAN MULIA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM “MULIA PARENTING SCHOOL” TERHADAP PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PESERTA DIDIK KONSORSIUM YAYASAN MULIA)
1520411012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM “MULIA PARENTING SCHOOL” TERHADAP PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PESERTA DIDIK KONSORSIUM YAYASAN MULIA)
1520411012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selama ini belum ada yang mengevaluasi efektivitas pilot-project program “Mulia parenting school”. Program ini adalah gagasan dari Konsorsium Yayasan Mulia untuk membina pendidikan Islam bagi keluarga peserta didik guna meningkatkan kesadaran dan kapasitas orang tua, menyamakan persepsi tanggung jawab pendidikan anak, menyelaraskan pola asuh yang harus dijalankan oleh sekolah dan keluarga, serta membangun sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana latar belakang berdirinya, bagaimana kondisi komponen-komponen program “Mulia Parenting School”, bagaimana proses pelaksanaan berlangsung, dan bagaimana hasil dari program “Mulia Parenting School”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan efektifitas program “Mulia parenting school”. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) yang menggunakan model concurrent embedded (campuran tidak seimbang). Pendekatan kualitatif digunakan untuk memaparkan efektivitas dari sisi context, efektivitas komponen input, dan proses pelaksanaan program “Mulia parenting school”. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur efektivitas product program “Mulia parenting school”. Penelitian dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket penilaian diri. Analisis efektivitas menggunakan metode CIPPO (context, input, process, product, dan outcome) dengan menggunakan kriteria kualitatif dan kriteria kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Efektivitas dari sisi context program “Mulia parenting school” dinyatakan efektif karena urgensi pelaksanaan program ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan pendiri Konsorsium Yayasan Mulia yang menilai adanya pergeseran fungsi keluarga sebagai tempat pendidikan yang utama bagi anak. (2) Efektivitas komponen input program “Mulia parenting school” dinyatakan efektif karena kurikulum disusun berdasarkan kebutuhan peserta; pemateri memiliki kualifikasi sebagai pelatih pendidikan keluarga; tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung; dan adanya staff yang membantu pelaksanaan program tersebut. (3) Proses pelaksanaan program “Mulia parenting school” dinyatakan efektif karena pendekatan sesuai dengan strategi pembelajaran orang dewasa; terjadi interaksi dialogis; permasalahan yang dihadapi peserta banyak yang terungkap dan mendapatkan penyelesaian. (4) Efektivitas Hasil Program “Mulia Parenting School” merujuk efektivitas product dinyatakan efektif berdasarkan skor yang diperoleh yaitu 50.13 dari nilai tertinggi 60. Efektivitas outcome dikatakan efektif karena ada perubahan sikap, perilaku, dan pemahaman peserta didik ke arah yang lebih baik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Parenting School
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:23
Last Modified: 06 Nov 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum