ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU AJAR PAI SMP KELAS IX TERBITAN NURUL FIKRI DAN YPI AL-AZHAR DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013

LELY NUR HIDYAH SYAFITRI, NIM: 1520411051 (2017) ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU AJAR PAI SMP KELAS IX TERBITAN NURUL FIKRI DAN YPI AL-AZHAR DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU AJAR PAI SMP KELAS IX TERBITAN NURUL FIKRI DAN YPI AL-AZHAR DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013)
1520411051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU AJAR PAI SMP KELAS IX TERBITAN NURUL FIKRI DAN YPI AL-AZHAR DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013)
1520411051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Guru sebagai seorang pendidik seringkali dihadapkan pada permasalahan mengenai pemilihan buku ajar PAI yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Maka diperlukan sebuah buku yang berkualitas agar dapat mencapai kompetensi dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu Kurikulum 2013. Banyak buku beredar dikalangan masyarakat yang dikeluarkan oleh penerbit swasta yang bermuatan Kurikulum 2013, salah satunya adalah Buku ajar Pai yang diterbitkan oleh Nurul Fikri dan YPI (Yayasan Pesantren Islam Al- Azhar), yang mana kedua buku tersebut berupaya untuk memadukan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum khas yang terdapat pada masing-masing buku. Kurikulum khas tersebut dapat terlihat melalui Sub Bab yang terdapat di dalam buku. Walaupun buku tersebut telah disusun oleh tim ahli, akan tetapi tidak menjamin buku tersebut layak digunakan dan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Penelitian ini adalah sebuah upaya untuk mengetahui kelayakan buku ajar Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP sekaligus membandingkannya apakah sesuai dengan standar BNSP terhadap penilaian buku ajar kurikulum 2013. Buku ajar yang dijadikan penelitian adalah buku ajar terbitan Nurul Fikri dan YPI (Yayasan Pesantren Islam) Al-Azhar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi dari kedua buku ajar tersebut yang dianalisis berdasarkan empat aspek/dimensi yaitu Dimensi spiritual, Sosial, Keterampilan, dan Pengetahuan.. Metode dalam penelitian ini adalah content analyis yang dilakukan dengan sistematis, obyektif dan kuantitatif. Content analysis merupakan sebuah metode penelitian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa buku ajar PAI Nurul fikri dan YPI Al-Azhar memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing aspek penilaian. Penilaian pada buku PAI terbitan Nurul fikri aspek spiritual memperoleh prosentase Kelayakan sebesar 96,87% atau pada kategori sangat baik, Kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 73,43% atau pada kategori cukup, Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 99,37% atau pada kategori sangat baik. Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 75,26% atau pada kategori scukup. Sehingga berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti maka buku ini layak digunakan. Sedangkan dalam Buku PAI terbitan YPI Al-Azhar Pada Aspek Spiritual diperoleh prosentase sebesar 74,99 atau pada kategori cukup, Kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 73,43% atau pada kategori cukup, Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat baik. Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 67,30% atau pada kategori cukup. Sehingga berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti maka buku ini layak digunakan. Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 67,30% atau pada kategori cukup. Sehingga berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti maka buku ini layak digunakan. Hanya saja pada Dimensi Keterampilan kedua buku tersebut kurang memberikan tugas atau soal sebagai bahan evaluasi siswa yang dapat membentuk siswa menjadi aktif dan mendorong untuk mencari informasi lebih jauh selain dari buku. Dan pada dimensi Keterampilan pada Aspek pemecahan masalah kedua buku tersebut banyak Bab yang tidak memuat soal non rutin serta tidak memuat latihan pemecahan masalah yang dapat membuat peserta didik berlatih menemukan sendiri pemecahannya. Kata kunci : Kurikulim 2013, Kelayakan Isi Buku Teks, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulim 2013, Kelayakan Isi Buku Teks, Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 09:53
Last Modified: 07 Nov 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum