IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 MADIUN

MIFTAHURROIFAH, NIM: 1520411075 (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 MADIUN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 MADIUN)
1520411075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN GUNA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI SMKN 3 MADIUN)
1520411075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (896kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu dimensi dalam pendidikan yang memberikan sumbangsih bagi peningkatan mutu pendidikan. Maka dari itu perlu ada pergeseran dalam sistem evaluasi pembelajaran, yaitu dengan mengubah sistem evaluasi pembelajaran dari pena dan kertas menjadi komputer. Istilah yang sering dikenal dalam dunia pendidikan adalah computer based test. Penggunaannya yang memberikan kemudahan bagi siswa dan guru tentu menarik minat siswa dan guru untuk mempelajari dan menerapkannya dalam setiap evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, implementasi penggunaan CBT ini dirasa perlu, apalagi jika memberikan peningkatan pada kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi kebijakan di SMK Negeri 3 Madiun dengan 11 orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Pada tahap terakhir, data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi, baik sumber ataupun metode. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya: (1) Latar belakang adanya implementasi kebijakan penggunaan CBT di SMK Negeri 3 Madiun dalam evaluasi pembelajaran yaitu untuk mendisiplinkan guru dalam pembuatan analisa penilaian, membiasakan guru menggunakan komputer, meminimalisir pembiayaan dalam pelaksanaan ujian, dan membiasakan siswa dengan ujian berbasis CBT sebagai persiapan untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer atau UNBK. (2) Penggunaan CBT dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Madiun sudah tergolong lancar dan baik serta efektif dan efisien. Hal ini diketahui dari aspekaspek implementasi kebijakan yang telah terpenuhi dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi. (3) Peningkatan kompetensi siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Madiun pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti tergolong cukup baik meskipun tidak signifikan namun secara umum mengalami peningkatan baik secara kognitif maupun afektifnya berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh guru pengampu. (4) Problematika yang muncul yaitu radiasi sinar monitor, pelaksanaan ujian yang bergelombang, dan penurunan konsentrasi siswa, dan sistem CBT yang bisa di-hack. Kata Kunci: Computer Based Test, Evaluasi Pembelajaran, Kompetensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Computer Based Test, Evaluasi Pembelajaran, Kompetensi.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Nov 2017 10:18
Last Modified: 07 Nov 2017 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum