FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN CANTRANG (STUDI KASUS: TPI BAJOMULYO KEC. JUWANA JAWA TENGAH)

MIFTAKHUR RAHMAN, NIM. 13810116 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN CANTRANG (STUDI KASUS: TPI BAJOMULYO KEC. JUWANA JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN CANTRANG (STUDI KASUS: TPI BAJOMULYO KEC. JUWANA JAWA TENGAH))
13810116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN CANTRANG (STUDI KASUS: TPI BAJOMULYO KEC. JUWANA JAWA TENGAH))
13810116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan cantrang di TPI Bajomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada buruh nelayan cantrang di TPI Bajomulyo unit satu Juwana, dengan jumlah sampel 100 buruh nelayan cantrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengolah data-data nominal yang diperoleh dari kuesioner. Data tersebut diolah dengan bantuan program SPSS 19. Analisis yang digunakan adalah metode OLS Ordinary Least Squaer. Hasi penelitian ini menunjukan bahwa dari kempat variabel independen, jumlah ABK dan biaya melaut yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan buruh nelayan cantrang. Sedangkan variabel jarak tempuh dan lama waktu melaut berpengaruh negatif terhadap pendapatan buruh nelayan cantrang. Hal ini terjadi karena alat tangkap cantrang memang dikhususkan untuk menangkap ikan di wilayah pesisir pantai, selain itu dengan adanya pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang melalui Permen KP nomor 2 tahun 2015 nelayan cantrang terpaksa mencari ikan tangkapan diwilayah yang lebih jauh. Akibatnya lama waktu melaut nelayan lebih lama karena harus mencari ikan tangkapan lebih jauh dan mengakibatkan biaya perbekalan bertambah. Diharapkan nelayan pemilik kapal segera mengganti alat tangkapnya untuk meningkatkan pendapatan buruh nelayan cantrang, dan pemerintah memberikan lapangan perkerjaan yang lain bagi buruh nelayan cantrang yang terancam menjadi pengangguran akibat kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh Ghafur Wibowo, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Nelayan Cantrang, Jumlah ABK, Jarak Tempuh, Lama Waktu Melaut, dan Biaya Melaut.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Nov 2017 14:08
Last Modified: 07 Nov 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum