PERAN SIMPAN PINJAM BTPN SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (DUSUN AMBARUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)

SITI ASLIKHATUN, NIM. 10720021 (2017) PERAN SIMPAN PINJAM BTPN SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (DUSUN AMBARUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SIMPAN PINJAM BTPN SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (DUSUN AMBARUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
10720021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN SIMPAN PINJAM BTPN SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (DUSUN AMBARUKMO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
10720021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

BTPN Syariah merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit dan jasa lain dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang, serta beroperasi secara prinsip-prinsip syariah. Selain usaha pokok tersebut, BTPN Syariah juga memberikan program simpan pinjam melalui program pembiayaan Paket Masa Depan (PMD). Program tersebut dimaksudkan untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya perempuan agar kesejahteraannya meningkat. Salah satu masyarakat yang diberdayakan dengan program pembiayaan PMD BTPN Syariah yaitu masyarakat Dusun Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Di dusun Ambarukmo sebagian besar masyarakatnya berada di posisi perekonomian menengah ke bawah, dimana sebagian perempuan bekerja sebagai buruh dan pedagang. Hal tersebut membuat Bank BTPN Syariah hadir memberikan kemudahan dalam pembiayaan berupa pinjaman modal. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran simpan pinjam BTPN Syariah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Dusun Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori pemberdayaan Edi Suharto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data terakhir ditarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Ambarukmo dan atau nasabah Bank BTPN Syariah, pihak Bank BTPN Syariah, dan tokoh masyarakat Dusun Ambarukmo. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran Bank BTPN Syariah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu dengan memberikan program pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) yang diberikan kepada para perempuan Dusun Ambarukmo yang baru memulai usaha atau yang sudah menjalankan usahanya. Pembiayaan PMD menggunakan akad Wakalah wal Murabahah. Dampak yang dirasakan nasabah-nasabah perempuan di masyarakat Dusun Ambarukmo, yaitu Bank BTPN Syariah telah memberikan kemudahan untuk mendapatkan modal usaha, pendapatan meningkat, dan bertambahnya pengetahuan pengelolaan keuangan rumah tangga melalui Pelatihan Dasar Keanggotaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Peran BTPN Syariah, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Nov 2017 10:52
Last Modified: 08 Nov 2017 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum