“UPAYA MASYARAKAT MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI TENGAH MARAKNYA PERTAMBANGAN PASIR DI DESA SIDOREJO” (STUDI DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN)

SIGIT EKO NUGROHO, NIM. 13720025 (2017) “UPAYA MASYARAKAT MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI TENGAH MARAKNYA PERTAMBANGAN PASIR DI DESA SIDOREJO” (STUDI DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“UPAYA MASYARAKAT MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI TENGAH MARAKNYA PERTAMBANGAN PASIR DI DESA SIDOREJO” (STUDI DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN))
13720025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (“UPAYA MASYARAKAT MENJAGA KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DI TENGAH MARAKNYA PERTAMBANGAN PASIR DI DESA SIDOREJO” (STUDI DI DESA SIDOREJO, KECAMATAN KEMALANG, KABUPATEN KLATEN))
13720025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Maraknya pertambangan pasir di Desa Sidorejo telah banyak menimbulkan kerusakan lingkungan, masyarakat Desa Sidorejo yang sadar akan pentingnya keseimbangan lingkungan mulai melakukan upaya-upaya menjaga keseimbangan lingkungan. Kesadaran menjaga keseimbangan lingkungan ini dipengaruhi oleh kearifan lokal Desa Sidorejo. Berpedoman kepada kearifan lokal akan tercipta keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dengan kelestariaan lingkungan.penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana upaya masyarakat menjaga keseimbangan lingkungan ditengah maraknya pertambangan pasir Desa Sidorejo. Penelitian ini menggunakan teori ecoliteracy dari pemikiran fritjof capra, Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena sosial yang ada. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Motode analysis data yaitu reduksi data, model data dan verfikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya menjaga keseimbangan dipengaruhi oleh sikap masyarakat terhadap alam, sikap tersebut menumbuhkan aksi-aksi nyata yang dilakukan oleh masyarakat seperti program penghijuan bekas lahan pertambangan pasir, reklamasi (perataan lahan) bekas pertambangan, adanya batas areal pertambangan, melalui kegiatan budaya, serta bekerja-sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Lingkungan, Kearifan Lokal, Keseimbangan Lingkungan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 09:41
Last Modified: 09 Nov 2017 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum