HALAMAN JUDUL IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGADERAN BADAN PENGELOLA LATIHAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG YOGYAKARTA

AMMAR YUSUF, NIM. 12490010 (2017) HALAMAN JUDUL IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGADERAN BADAN PENGELOLA LATIHAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGADERAN BADAN PENGELOLA LATIHAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG YOGYAKARTA)
12490010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HALAMAN JUDUL IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGADERAN BADAN PENGELOLA LATIHAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG YOGYAKARTA)
12490010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap pengaderan yang ada di HMI, khususnya Badan Pengelola Latihan HMI yang bertugas sebagai pengelola pengaderan tersebut sehingga peneliti menetapkan judul penelitian Implementasi Mananjemen Pengaderan Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengaderan yang dilakukan oleh Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Yogyakarta. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menjadi pembelajaran positif bagi seluruh organisasi mahasiswa dalam mengembangkan manajemen keanggotaannya, memberikan sumbangsih terhadap pengaderan HMI, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah seluruh anggota dan pengurus Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Yogyakarta, namun dalam proses pengambilan data peneliti memilah dan menetapkan beberapa narasumber yang dianggap telah memenuhi kualifikasi tertentu yang ditentukan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi non participatory, wawancara mendalam, dan deksripsi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Yogyakarta melingkupi perencanaan internal dan eksternal melalui rapat kerja, perekrutannya dilakukan dengan mempublikasikan proposal kegiatan dan Term Of Refference (TOR) kepada seluruh pihak terkait dalam bentuk print out melalui tatap muka langsung maupun dalam bentuk soft file melalui media sosial, dan upaya peningkatan prestasi kerja dilakukan dengan mengadakan evaluasi dalam bentuk rapat yang berorientasi pada perbaikan di masa depan. Pelaksanaan pengaderan Badan Pengelola Latihan HMI mengacu pada konstitusi HMI yakni aturan-aturan tertulis yang telah dimusyawarahkan bersama secara nasional dalam forum Kongres HMI dan Musyawarah Nasional Badan Pengelola Latihan HMI. Secara garis besar pelaksanaan pengaderan yang dilakukan oleh Badan Pengelola Latihan HMI Cabang Yogyakarta terkonsentrasi pada peningkatan kuantitas dan kualitas instruktur serta peningkatan kualitas training formal HMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowwim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Training, Badan Pengelola Latihan, HMI.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 09:53
Last Modified: 09 Nov 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum