OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA

NADZIFATUL MUNAWAROH, NIM. 12490056 (2017) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12490056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
12490056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang ada di MA Ali Maksum Yogyakarta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang ada di MA Ali Maksum yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan (inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan), penggunaan, dan penghapusan, mengetahui optimalisasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MA Ali Maksum terdiri dari perencanaan, pengadaan, pengaturan (inventarisasi, penyimpanan, dan pemeliharaan), penggunaan, dan penghapusan. (2)Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Ali Maksum dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu: (a) melengkapi sarana dan prasarana, (b) bekerjasama dengan kepala laboratorium dan perpustakaan, (c) bekerjasama dengan guru, (d) meningkatkan kesadaran siswa, (e) perwatan rutin sarpras, (F) inventarisasi. (3) Faktor pendukung: adanya koordinasi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang sarpras dan guru serta optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana yang ada. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya rasa tanggungjawab siswa terhadap sarana dan prasarana dan kurangnya pembiayaan untuk melengkapi sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Prestasi Belajar
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 10:03
Last Modified: 09 Nov 2017 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum