MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA

SULKHAH FAURIYAH, NIM. 12490092 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA)
12490092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA)
12490092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Madrasah Diniyah PP Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta merupakan madrasah Diniyah yang dalam pengelolaan kurikulum pembelajaran berada dalam manajemen Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran. Pada awal berdirinya madrasah Diniyah PP Sunan Pandanaran dilaksanakan dengan kurikulum pesantren, akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak berjalan dengan baik, karena kurangnya sumber daya manusia yang tidak seimbang dengan banyaknya jumlah yang ada. Dengan demikian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Madrasah Diniyah yang lebih baik, maka pihak Madrasah Aliyah bersama pihak pesantren melakukan pengintegrasian kurikulum Madrasah Diniyah yang dilakukan bersama Madrasah Aliyah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji, mengamati, dan mendeskripsikan manajemen kurikulum madrasah diniyah PP Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta dalam penyelenggaraan pembelajaran Kitab Kuning, yang meliputi: Perencanaan Kurikulum; Pengorganisasian Kurikulum; Pelaksanaan Kurikulum; Evaluasi Kurikulum; dan hasil dari pengelolaan manajemen kurikulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di MA Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala madin, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Madrasah Diniyah dalam penyelenggaraan pembelajaran kitab kuning di PP Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta, dilihat dari perencanaan yaitu penetapan tujuan dan sasaran program, penyusunan struktur, jenis materi pelajaran, pengaturan dan penempatan siswa dalam kelas, tenaga pendidik dan sarana pembelajaran, monitoring dan evaluasi. Organisasian kurikulum dilaksanakan dengan penyusunan kalender akademik, penyusunan jadwal pelajaran serta pengaturan tugas kewajiban guru dan alokasi waktu pembelajaran. Pelaksanaan kurikulum dilihat dari proses pembelajaran kitab kuning dan metode pembelajaran kitab kuning. Evaluasi kurikulum pada Madrasah Diniyah Sunan Pandanaran dilaksanakan melalui evaluasi pembelajaran melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M. Ag ,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Madrasah Diniyah, Kitab Kuning
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Nov 2017 10:09
Last Modified: 09 Nov 2017 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum