METODE DAN PRAKTIK DZIKIR TAUHID TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI DESA MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

MUHAMMAD CHAMIM, NIM. 1320511089 (2017) METODE DAN PRAKTIK DZIKIR TAUHID TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI DESA MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE DAN PRAKTIK DZIKIR TAUHID TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI DESA MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1320511086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE DAN PRAKTIK DZIKIR TAUHID TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DI DESA MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1320511086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Menurut penyusun penelitian ini penting dilakukan mengingat Dalam dunia Tarekat dikenal dengan banyaknya tata cara amalan-amalan dzikir yang telah ditentukan. Namun pada kelompok mereka ada target amalan tertentu untuk menaikan suatu maqam, misalnya menjalankan beberapa ribu amalan maka seseorang yang menjalankan amalan tersebut akan naik maqamnya. Jika dia menjalankan amalannya dengan bertambah maka maqamnya akan meningkat lagi, sampai dia menempatkan posisi dia sampai kepuncak yang tertinggi karena dia menjalankan amalan ribuan kali dalam seharinya. Maka perlu kiranya diketahui bagaimana tata cara pelaksanaan Dzikir Tauhid perhari juga perdetik di dalam Tarekat Qodariyah wa Naqsabandiyah pada Desa Merdikorejo Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman Yogyakarta. Apa saja manfaat dzikir per hari per detik pada kehidupan sehari-hari bagi para Jama‟ahnya. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang berawal dari teori yang dipadukan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa teori yang diusun oleh Imam al-Ghozali yang berjudul Ihya’ Ulumudin yang telah dikodifiasikan kembali secara rangkuman oleh Sa‟id Hawwa dalam judulnya Intisari Ihya’ Ulumudin Al-Ghozali Mensucikan Jiwa konsep Tazkiyatun-nafs terpadu, dan data sekunder berupa hasil wawancara dengan K.H. Muhammad Yasin al-Mursyid dan beberapa santri beliau dan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa metode dan praktik dzikir tauhid itu di dalam hati mengucap lafal Allah dan kemudian mata hati ingat Allah sampai angan-angan menyentuh dzat Allah dengan aqidahnya adalah isra mi‟raj Nabi Muhammad dipangil Allah untuk menerima perintah shalat posisi Nabi Muhammad melakukan perjalanan ke atas menuju sampai ke Allah yaitu di „arsy dengan kendaraan buraq sedangkan kita yaitu dengan Tauhid. Dzikir Tauhid di sini tidak ada target bilangan angka melainkan harus dilakukan perhari perdetik ingat Allah di atas „Arsy diamalkan pada kondisi apapun dan dianjurkan amalan Dzikir Tauhid mendampingi dalam semua aktifitas ibadah. Dalam menjalankan dzikir Tauhid ini sebaiknya di lakukan dengan adanya bimbingan dari seorang guru mursyid karena guru mursyid bisa mengarahkan pada perjalanan dzikir ini secara baik. Manfaat dan perubahan yang dialami oleh para jam‟ah dzikir tauhid ini sanggat baik mereka semakin merasakan akan tenang dan khusuknya dalam menjalankan segala ibadah apapun dan juga berpengaruh baik dalam tingakat hati yaitu ketika saat sedang menghadapi masalah mereka akan lebih menyandarkan semua permasalahannya kepada Allah sembari berusaha. Mereka yang manjalankan dzikir tauhid lebih memiliki ketenangan hati karena mereka setiap saat senantiasa mengingat Allah dan kesabaran juga lebih dia dapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Syaifan Nur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Dzikir Tauhid, Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah, Desa Merdikorejo Tempel Sleman
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 13:52
Last Modified: 09 Nov 2017 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum