HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

SITTI LAELIYAH RAHMAYANI, NIM. 12490094 (2017) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR)
12490094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMBA TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR)
12490094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif dengan model studi korelasional ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh antara variabel kualitas sumber daya manusia (X1), sarana prasarana (X2), dan motivasi kerja (X3) terhadap kinerja karyawan (Y) ketika dikontrol dengan variabel kepemimpinan (Z). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya posisi kualitas sumber daya manusia, sarana prasarana, motivasi kerja, dan kepemimpinan untuk diperhatikan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumba Timur demi meningkatkan kinerja para karyawan. Penelitian skripsi ini dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Sumba Timur dengan populasi target (target population) berjumlah 52 karyawan. Tidak ada sampel dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa statistik inferensial menggunakan teknik analisa korelasi bivariate dan korelasi partial dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 16. Berdasarkan analisa data diperoleh temuan bahwa variabel X1 (kualitas sumber daya manusia), X2 (sarana prasarana), dan X3 (motivasi kerja) tidak berpengaruh secara linear terhadap variabel Y (kinerja karyawan) karena diintervensi/dimediasi oleh variabel Z (kepemimpinan). Hal ini berdasarkan perbandingan koefisien korelasi bivariate (ryx) dengan korelasi partial (ryxz) yang menunjukkan (ryx1=0.595) lebih besar dari (ryx1z=0.480), (ryx2=0.693) lebih besar dari (ryx2z=0.555) dan (ryx3=0.550) lebih besar dari (ryx3z=0.331). Artinya, hubungan antara variabel (X1, X2, dan X3) dengan variabel (Y) adalah spurious (tidak ada hubungan secara linier) karena variabel (Z) mengintervensi/memediasi hubungan antara variabel independen (X1, X2, dan X3) dan variabel dependen (Y) pada angka kepercayaan 95%. Dengan demikian kualitas sumber daya manusia, sarana prasarana, dan motivasi kerja membutuhkan kontrol dari kepemimpinan agar kinerja dari para karyawan dapat meningkat. Jika tidak ada kontrol dari pimpinan maka sumber daya manusia, sarana prasarana dan motivasi kerja tidak akan berhubungan dengan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sumber Daya Manusia, Sarana Prasarana, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Nov 2017 09:29
Last Modified: 10 Nov 2017 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum