MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA

UFI NIHAYATIN NIAMI, NIM. 12490120 (2017) MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
12490120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN AL-IMDAD BANTUL YOGYAKARTA)
12490120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis d implementasi manajemen tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Unggulan Al- Bantul Yogyakarta, sebagai madrasah dengan lima program unggulan, yaitu ta Qur’an, baca kitab kuning, jurnalistik, conversation, dan muhaddatsah. Di sa itu, perekrutan tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Imdad Yogyakarta mewajibkan tenaga pendidik memiliki KARTANU. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi manajemen t pendidik yang diterapkan di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Imdad Yogyakarta. Secara lebih rinci, untuk menganalisis dampak manajemen t pendidik terhadap mutu pembelajaran melalui peran tenaga pendidik, serta pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif d mengambil latar Madrasah Aliyah Unggulan Al-Imdad Bantul Yogyakarta. T pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi menggunakan teknik meliputi reduksi data, penyajian data, serta pen kesimpulan dan verifikasi. Validitas dan keabsahan data ditentukan d triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, implementasi mana tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Unggulan Al-Imdad Bantul Yogy dilaksanakan secara sistematis dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta terhambat dengan diberlakukan persyaratan wajib memiliki KARTANU. melalui implementasi manajemen tenaga pendidik, diperoleh tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan madrasah dan berdampak pada mutu pembelajaran meliputi menyusun perencanaan pembelajaran secara sistematis, melaksa pembelajaran berdasarkan perencanaan pembelajaran, dan melakukan penilaian pembelajaran secara berkelanjutan. Ketiga, faktor pendukungnya meliputi: 1) sama dan komunikasi yang baik antara madrasah dan yayasan, 2) Evaluasi konsisten, 3) Sarana dan prasarana yang memadai, 4) Tenaga pendidik berkualitas. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) Sirkulasi keuangan tidak sesuai dengan perencanaan, 2) Sulit mencari tenaga pendidik program tah 3) Masih ada tenaga pendidik yang kurang dalam inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Erni Munastiwi
Uncontrolled Keywords: manajemen, tenaga pendidik, mutu, pembelajaran
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Nov 2017 09:36
Last Modified: 10 Nov 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum