SHAKHSIYYAH SA'ID MAHRAN FI RIWAYAH AL LUS WA AL KILAB LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV YUNG)

ARFIN FAKHRUR ROKHIM, NIM. 13110079 (2017) SHAKHSIYYAH SA'ID MAHRAN FI RIWAYAH AL LUS WA AL KILAB LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV YUNG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH SA'ID MAHRAN FI RIWAYAH AL LUS WA AL KILAB LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV YUNG))
13110079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH SA'ID MAHRAN FI RIWAYAH AL LUS WA AL KILAB LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH PSIKOLOJIYYAH LI KAREL GUSTAV YUNG))
13110079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang tokoh-tokoh yang ada dalam novel dan memfokuskan pada analisis tokoh utama. Peneliti menganalisis tokoh utama menggunakan teori psikologi Carl Gustav Jung. Inti dari teori ini adalah kepribadian yang ada dalam diri manusia terbagi tiga aspek penting, yaitu: kesadaran, ketidaksadaran pribadi, dan ketidaksadaran kolektif. Dalam menganalisis tokoh Sa’id Mahran, penulis memfokuskan pada unsur-unsur yang ada di dalam ketiga bagian tersebut, yaitu sikap jiwa, fungsi jiwa, dan arketip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tokoh-tokoh yang ada di dalam novel dan untuk menemukan kepribadian Sa’id Mahran sebagai tokoh utama. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di dalam novel kemudian dianalisis dengan teori psikologi Carl Gustav Jung. Penulis menemukan kepribadian Sa’id Mahran yang tampak dominan di dalam dirinya adalah sifat perasa dan sikap ekstrovert. Sedangkan kepribadiannya yang berada di aspek ketidaksadaran pribadi adalah sikap berfikir dan introvert. Sedangkan arketip paling kuat di dalam dirinya adalah shadow. Kata Kunci: Sa’id Mahran, kepribadian, kesadaran, dan ketidaksadaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Jarot Wahyudi, SH., MA
Uncontrolled Keywords: Sa’id Mahran, kepribadian, kesadaran, dan ketidaksadaran
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2017 09:31
Last Modified: 21 Nov 2017 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum