KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

IDA NUR KHASANAH, NIM. 13490042 (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
13490042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
13490042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Motivasi kerja pegawai adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas personal dan instansi. Hal itu tidak lepas dari bagaimana pemimpin mampu memotivasi kinerja pegawai salah satunya melalui komunikasi interpersonal. Inilah alasan peneliti tertarik untuk mengangkat penelitian dengan judul Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah khazanah keilmuan, sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan tugas kantor agar manajemen kantor dapat berjalan dengan maksimal, sebagai bahan referensi, telaah pustaka untuk penelitian yang serupa berikutnya. Hasil penelitian ini memberikan wawasan dan pengalaman terkait manajemen kantor salah satunya melalui Komunikasi Interpersonal Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek di kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan komunikasi interpersonal di kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta terjadi secara langsung (primer) dan tidak langsung (sekunder), antara pegawai dan pemimpin menerapkan adanya hukum sikap positif dalam berkomunikasi interpersonal diantaranya: sikap terbuka (opennes), empati (empathy), sikap mendukung (supportiviness), sikap positif (positiveness), kesetaraan (equality) (2) Dampak komunikasi interpersonal kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai sebagian dari komunikasi interpersonal pemimpin mampu memberikan dampak pada motivasi kerja pegawai, karena mampu memenuhi kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan akan aktualisasi diri, namun ada beberapa kebutuhan yang tidak dapat dipengaruhi dari adanya komunikasi interpersonal yaitu kebutuhan fisiologis dan transendensi diri (3) Faktor pendukung komunikasi interpersonal meliputi faktor internal dari pribadi komunikator, etika bicara dengan sopan santun, realistis, waktu, tempat dan sikap keterbukaan. Sedangkan faktor penghambat komunikasi interpersonal pemimpin dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai meliputi maksud dari komunikator tidak bisa diterima oleh komunikan, praduga antara komunikator dengan komunikan, komunikator tidak berminat dalam komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan, Motivasi Kerja Abraham Maslow
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:34
Last Modified: 15 Nov 2017 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum