MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANGGOTA (PSDA) KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2016

RENI SEPTIANI, NIM. 13490052 (2017) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANGGOTA (PSDA) KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANGGOTA (PSDA) KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
13490052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ANGGOTA (PSDA) KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
13490052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pasang surutnya perjalanan KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mampu memberikan gambaran kepada seluruh kadernya bahwa optimalisasi pengembangan sumber daya anggota yang dilakukan belum begitu optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana proses dan penyelenggaran manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan sumber daya anggota (PSDA) KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2016. Sehingga harapan kedepannya para kader dituntut mampu mengoptimalkan pengembangan sumber daya anggota KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mecapai tujuan bersama. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Ketua Umum KOPMA UIN tahun 2016 dan 2017, Kabid PSDA, Wakabid PSDA, Staf dan anggota lama dan anggota baru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik trianggulasi. Analisis data dilakukan setelah data terkumpul dan sudah teruji kebenarannya untuk disajikan dalam bentuk narasi. Terakhir peneliti menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Manajemen sumber daya manusia KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui: a) Perencanaan dan rekruitmen; b) Proses seleksi; c) Pendidikan dan pelatihan; d) Pengembangan karir; e) Kompensasi. 2) Pengembangan sumber daya anggota (PSDA) KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui: a) pembinaan anggota; b) media komunikasi; c) administrasi keanggotaan; d) kesejahteraan anggota; e) program khusus. 3) Faktor penghambat dan pendukung melalui; 3) faktor penghambat dan faktor pendukung melalui: a) Penghambat yaitu: uang pendaftaran yang mahal, mis komunikasi, semangat kepanitiaan berkurang, dan belum optimal dalam merangkul anggota. b) faktor pendukung yaitu: partisipasi anggota, solidaritas antar anggota, Pembina, Penasihat, Pengawas, Pengurus, dan bidang usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan, dan Sumber Daya Anggota
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Nov 2017 10:58
Last Modified: 15 Nov 2017 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum