EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA ( PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN PAI-BP DI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Karima Nabila Fajri, NIM. 13410214 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA ( PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN PAI-BP DI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA ( PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN PAI-BP DI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR)
13410214_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA ( PEER TUTORING) DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PELAJARAN PAI-BP DI SMK NEGERI 2 KARANGANYAR)
13410214_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an merupakan bagian dari PAI-PB, karena ketuntasan membaca Al-Qur’an yang masih rendah dan menghambat pembelajaran maka diperlukan metode yang mendukung peningkatan ketuntasan membaca Al-Qur’an pada pelajaran PAI-PB. SMK Negeri 2 Karanganyar merupakan sekolah umum yang memperhatikan ketuntasan membaca Al-Qur’an siswa. Guru PAI-PB menggunakan metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan ketuntasan membaca Al-Qur’an pada pelajaran PAI-PB. Tutor sebaya (Peer Tutoring) adalah salah satu metode yang termasuk dalam cooperative learning yang memudahkan siswa dalam belajar tanpa rasa takut dan malu untuk bertanya sehingga anak dapat aktif belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tutor sebaya, dan bagaimana efektivitas penggunaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan ketuntasan membaca Al-Qur’an siswa pada pelajaran PAI-PB di SMK Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya ( peer tutoring ), dan efektivitas penggunaan metode tutor sebaya (peer tutoring) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Negeri 2 Karanganyar, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Proses Pembelajaran dengan metode tutor sebaya meliputi persiapan sebelum pembelajaran yang terdiri dari penyusunan perangkat pembelajaran, penentuan tutor dan tutte, menyiapkan materi dan menyiapkan penilaian dan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.(2) Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengaan menggunakan metode tutor sebaya di SMK Negeri 2 Karanganyar sudah berjalan efektif, baik dilihat proses dan hasil belajar siswa. dalam proses pemebelajaran di kelas X Jurusan Mesin sudah mecakup 7 indikator efektivitas pembelajaran, dan untuk hasil belajar masing-masing kelas sudah mencapai presentase hasil belajar efektif. Kata kunci: Efektivitas, Tutor sebaya, Kentutasan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Tutor sebaya, Kentutasan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 08:54
Last Modified: 20 Nov 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28382

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum