UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PAI MELALUI KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN PEMUDA DI DUSUN JETISAN TEGALLURUNG BULU TEMANGGUNG

Dzihan Farkhiyah, NIM. 13410220 (2017) UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PAI MELALUI KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN PEMUDA DI DUSUN JETISAN TEGALLURUNG BULU TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PAI MELALUI KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN PEMUDA DI DUSUN JETISAN TEGALLURUNG BULU TEMANGGUNG)
13410220_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI PAI MELALUI KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN PEMUDA DI DUSUN JETISAN TEGALLURUNG BULU TEMANGGUNG)
13410220_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

DZIHAN FARKHIYAH. Upaya Penanaman Nilai-Nilai PAI Melalui Kegiatan Sosial Keagamaan Pemuda Di Dusun Jetisan Tegallurung Bulu Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap manusia diwajibkan untuk mendidik setiap generasi baru untuk menempuh kehidupan menuju jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Salah satunya adalah menanamkan nilai-nilai PAI pada pemuda yang merupakan generasi penerus harapan bangsa. Untuk dapat menanamkan nilai-nilai PAI pada pemuda membutuhkan strategi khusus salah satunya dengan memanfaatkan kegiatan sosial keagamaan. Dusun Jetisan Tegallurung Bulu Temanggung adalah salah satu dusun yang menggunakan kegiatan sosial keagamaan sebagai sarana penanaman nilai-nilai PAI. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana upaya penanaman nilai-nilai PAI pada pemuda Jetisan dan bagaimana bentuk-bentuk kegiatan sosial keagamaan di Dusun Jetisan Tegallurung Bulu Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya penanaman nilai-nilai PAI pada Pemuda Jetisan dan bentukbentuk kegiatan sosial keagamaan di Dusun Jetisan Tegallurung Bulu Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Dusun Jetisan Tegallurung Bulu Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reeduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya penanaman nilai-nilai PAI pada masyarakat Jetisan dilakukan sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga, TPA dan Madin Al-Futuhiyah untuk anak-anak dan remaja awal, kajian kitab kuning untuk remaja yang sudah masuk jenjang SMP dan SMA, serta berbagai kegiatan di masjid untuk semua umur. Adapun kegiatan sosial keagamaan pemuda Dusun Jetisan diadakan sebagai upaya menanamkan nilai-nilai PAI pada pemuda Jetisan yang enggan datang ke majlis-majlis yang telah disediakan. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai PAI adalah dengan keteladanan, pembiasaan dan memberi nasihat. (2) Bentuk-bentuk kegiatan sosial keagamaan di Dusun Jetisan ada beberapa macam. Namun, kegiatan sosial keagamaan yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai PAI pada pemuda Dusun Jetisan adalah kegiatan Qur’anan dan Mujahadah yang merupakan aspek spiritual untuk menanamkan nilai akidah, kemudian diskusi setelahnya merupakan aspek rasional untuk menanamkan nilai fiqih dan ahlak. Hasilnya pemuda Jetisan menjadi lebih menghayati nilai-nilai ajaran islam dan melakukan kegiatan-kegiatan yang posistif. Kata kunci: Penanaman, Nilai PAI, Sosial Keagmaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai PAI, Sosial Keagmaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 08:57
Last Modified: 20 Nov 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum