POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (STUDI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA MANGGUNG, NGEMPLAK, BOYOLALI)

LUKMAN PRASETYO UTOMO, NIM. 1520011020 (2017) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (STUDI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA MANGGUNG, NGEMPLAK, BOYOLALI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (STUDI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA MANGGUNG, NGEMPLAK, BOYOLALI))
1520011020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT (STUDI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA MANGGUNG, NGEMPLAK, BOYOLALI))
1520011020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Fenomena kemiskinan dalam suatu keluarga tak jarang memperlihatkan bahwa akan mewariskan kemiskinan kepada generasi penerusnya. Program Keluarga Harapan merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem perlindungan sosial dan strategi intervensi pengentasan kemiskinan di Indonesia yang bertujuan untuk memutus rantai kemiskinan antargenerasi yang sudah membudaya atau turun temurun dalam keluarga miskin pada umumnya. Tak jarang anak rentan untuk menjadi korban dari kesalahan orang tua dalam pengasuhan. Oleh karena itu, anak sebagai generasi penerus yang menjadi harapan dalam keluarga dan bangsa harus diberikan pengasuhan yang tepat agar tejamin tumbuhkembangnya dengan baik. Dalam Program Keluarga Harapan ada kegiatan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2) untuk membantu keberfungsian sosial keluarga penerima manfaat PKH dalam tugastugas kehidupan mereka, salah satunya adalah pengasuhan anak oleh orang tua. Maka dalam hal ini, peneliti memfokuskan penelitiannya tentang pola asuh orang tua terhadap anak pada keluarga penerima manfaat PKH di Desa Manggung, Ngemplak, Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang memiliki model mendeskripsikan dan memberi makna hasil penelitian. Subjek penelitian adalah dua orang Pendamping PKH yang pernah dan sekarang mendampingi Desa Manggung serta lima keluarga penerima manfaat PKH di Desa Manggung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan validitas data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pola asuh ketika sebelum dan setelah ada Program Keluarga Harapan di Desa Manggung, Ngemplak, Boyolali. Pola asuh keluarga penerima manfaat sebelum adanya Program Keluarga Harapan lebih banyak menggunakan pola asuh demokratis akan tetapi masih juga melakukan kesalahan dalam pengasuhan dan kurang memahami pengasuhan yang baik bagi anak, salah satunya masih menggunakan kekerasan dalam pengasuhannya. Namun, setelah adanya PKH dimana terdapat kegiatan P2K2 memberikan penyadaran atau perubahan cara berfikir bagi orang tua KPM, memberikan pemahaman kepada orang tua KPM dalam penanganan perilaku anak, dan memberikan dampak yang positif baik kepada orang tua ataupun anak sehingga merubah perilaku baik dari orang tua ataupun anak ketika mempraktikkan apa yang telah disampaikan oleh pendamping PKH.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag, MSW, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, PKH, Anak, Keluarga Penerima Manfaat
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Nov 2017 08:35
Last Modified: 22 Nov 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum