PERUMUSAN EKSPANSI ALAM SEMESTA DENGAN PERCEPATAN MELURUH DALAM METRIK FRIEDMANN-LEMAITRE- ROBERTSON-WALKER ( FLRW )

Huda Nasrulloh, NIM. 13620017 (2017) PERUMUSAN EKSPANSI ALAM SEMESTA DENGAN PERCEPATAN MELURUH DALAM METRIK FRIEDMANN-LEMAITRE- ROBERTSON-WALKER ( FLRW ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERUMUSAN EKSPANSI ALAM SEMESTA DENGAN PERCEPATAN MELURUH DALAM METRIK FRIEDMANN-LEMAITRE- ROBERTSON-WALKER ( FLRW ))
13620017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERUMUSAN EKSPANSI ALAM SEMESTA DENGAN PERCEPATAN MELURUH DALAM METRIK FRIEDMANN-LEMAITRE- ROBERTSON-WALKER ( FLRW ))
13620017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Secara observasi, Edwin Hubble telah membuktikan bahwa alam semesta mengembang. Pengembangan alam semesta pertama kali dipublikasikan pada tahun 1923, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Edwin Hubble. Seiring berjalannya waktu, para ilmuwan mengajukan berbagai model untuk memberikan gambaran secara matematis bentuk alam semesta yang mengembang. Penelitian ini bagian dari upaya penggambaran bentuk pengembangan alam semesta secara matematis melalui pemodifikasian faktor skala a(t) dalam persamaan Friedmann sebagai bentuk persamaan dinamika alam semesta. Selanjutnya dengan hasil pemodifikasian yang dilakukan, akan diperoleh grafik hubungan a dan t untuk diperoleh informasi sejauh mana keberhasilan pemodifikasian tersebut dalam upaya menggambarkan alam semesta mengembang. Dalam penelitian ini data hasil observasi tidak banyak disertakan, hanya sebatas data penunjang untuk mendapatkan gambaran umum pengembangan yang terjadi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, pemodelan alam semesta dengan pemodifikasian faktor skala a(t) yang diakukan, didapati keadaan alam semesta saat mengalami fase mempercepat dan memperlambat pengembangan, dimana keadaan tersebut disinyalir pengaruh dari faktor cosmic jerk sebagai faktor yang pengembangan alam semesta memiliki nilai 54 2 2 a 1,14x10 Nms / k  g . Kesimpulan ini didapat melalui interpretasi grafik hubungan a dan t hasil turunan yang diperoleh, dan cosmic jerk didapatkan melalui beberapa permisalan yang mengkhususkan kondisi tersebut. Apabila disepadankan dengan model inflasi Slow-Roll, maka secara pergerakannya dapat dikategorikan dalam gambaran model tersebut. Kata kunci : Alam semesta, persamaan Friedmann, faktor skala a(t), cosmic jerk, inflasi Slow-Roll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Alam semesta, persamaan Friedmann, faktor skala a(t), cosmic jerk, inflasi Slow-Roll.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Nov 2017 09:53
Last Modified: 24 Nov 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum