PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER PENDIDIKAN DIFABEL NETRA MTs LB/A PADA YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM YOGYAKARTA

WANTINI NIM: 05470018, (2009) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER PENDIDIKAN DIFABEL NETRA MTs LB/A PADA YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER PENDIDIKAN DIFABEL NETRA MTs LB/A PADA YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER PENDIDIKAN DIFABEL NETRA MTs LB/A PADA YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNA NETRA ISLAM YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan melimpahnya kekayaan alam, melainkan pada keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM). Peranan kepala sekolah bukan hanya seorang akumulator yang mengumpulkan aneka ragam potensi penata usaha, guru, karyawan dan peserta didik melainkan konseptor managerial yang bertanggung jawab pada kontribusi masing-masingnya demi efektivitas dan efiseiensi kelangsungan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) Melalui pendekatan penelitian Deskriptif Analitis terhadap data Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara (interview), Dokumentasi, dan Analisis data. Subyek penelitian atau sumber data adalah orang, benda atau hal yang dijadikan sumber penelitian. Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan yaitu: Memberikan gambaran tentang kepedulian Islam terhadap pendidikan difabel netra, Mengetahui kompetensi yang dimiliki kepala sekolah dalam pendidikan Difabel Netra MTs LB/ A Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam Yogyakarta, Membentuk konsep peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan difabel Netra MTs LB/A Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam Yogyakarta Kepala sekolah merupakan pemimpin formal yang tidak bisa diisi oleh orang orang tanpa didasarkan atas pertimbangan tertentu. Untuk itu kepala sekolah bertanggung jawab melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan baik yang berhubungan dengan pencapaian tujuan pendidikan maupun dalam mencipatakan iklim sekolah yang kondusif yang menumbuhkan semangat tenaga pendidik maupun peserta didik. Dengan kepemimpinan kepala sekolah inilah, kepala sekolah diharapakan dapat memberikan dorongan serta memberikan kemudahan untuk kemajuan serta dapat memberikan inspirasi dalam proses pencapaian tujuan. Gambaran umum MTs LB/A Yayasan Kesejahteraan Tuna netra Islam Yogyakarta terdiri dari letak dan keadaan geografis sekolah, sejarah berdiri dan proses perkembangan sekolah, struktur organisasi, keadaan guru, karyawan dan siswa dan sarana dan prasarana terdapat pada Bab II. Pendidikan Difabel dalam perspektif Islam yang mengetengahkan siapakah yang dimaksud buta dengan difabel netra?, realitas sosial terhadap difabel netra serta tokoh difabel netra yang diabadikan dalam Al-Quran. Keempat peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pendidikan difabel yang terdiri dari arti kepala sekolah sebagai manajer pendidikan, tugas dan fungsi kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah dalam pendidikan Difabel Netra Mts LB/A Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Misbah Ulmunir M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Manajer, Pendidikan, Difabel Netra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:39
Last Modified: 16 Mar 2017 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum