PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRKTIKUM BIOLOGI MATERI UJI MAKANAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH

ADI CAHYA, NIM. 12680032 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRKTIKUM BIOLOGI MATERI UJI MAKANAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRKTIKUM BIOLOGI MATERI UJI MAKANAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH)
12680032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRKTIKUM BIOLOGI MATERI UJI MAKANAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH)
12680032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk praktikum menggunakan model project based learning serta mengetahui kualitas produk buku petunjuk praktikum yang dihasilkan sehingga layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran. Penelitian terdiri dari penelitian pendahuluan berupa praktikum uji makanan yang terdiri dari uji karbohidrat : uji iodium, uji seliwanoff dan uji moore. Uji kelarutan lipid dalam alkohol, eter, kloroform dan Na2CO3. Uji protein : uji biuret, uji ninhidrin dan uji xanthoprotein. Uji vitamin C : uji benedict dan uji iodium. Hasil penelitian dikembangkan menjadi buku petunjuk praktikum dengan menggunakan software aplikasi coreldraw x6 dan microsoft word 2010 melalui tahap entri data ke dalam software pengembang, penyusunan layout serta pemberian aktifitas pada buku petunjuk praktikum. Hasil akhir produk berupa buku petunjuk praktikum uji makanan berbasis proyek. Buku petunjuk praktikum dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 guru biologi, 5 peer reviewer, dan diujicobakan terhadap 20 siswa kelas XI dan XII SMA yang mengikuti ekstrakurikuler karya ilmiah remaja. Hasil penilaian secara keseluruhan terhadap buku petunjuk praktikum berbasis proyek menunjukkan persentase penilaian sebesar 85,80% yang termasuk dalam kualitas sangat baik, sedangkan respon siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 78,60 % dengan kualitas baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Buku Petunjuk Praktikum, Uji Makanan, Project Based Learning, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2017 08:14
Last Modified: 15 Jan 2018 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum