PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-TARBIYAH AL-DINIYAH DI PROPINSI YALA THAILAND SELATAN

MISS SAKIYAH NUERENG NIM. 03410114, (2009) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-TARBIYAH AL-DINIYAH DI PROPINSI YALA THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-TARBIYAH AL-DINIYAH DI PROPINSI YALA THAILAND SELATAN)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-TARBIYAH AL-DINIYAH DI PROPINSI YALA THAILAND SELATAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak lembaga pendidikan di Thailand khususnya. lembaga, pendidikan swasta yang belum dapat mengimplementasikan kurikulum secara optimal, sebagaimana yang telah dirumuskan dalam undang-undang tentang pendidikan. Ini merupakan suatu kelemahan yang harus mengetahui. Proses pengembangan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh lembaga itu tentu dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui lebih jauh tentang penerapan tujuan pendidikan, apa saja materi yang diterapkan dan metode pendidikan. agama Islam apa saja yang dilaksanakan di Mahad Al-Tarbiyah Al-Diniyah, maka peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian tentang Pendidikan Agama Islam di Mahad Al-Tarbiyah Al-Diniyah, yang terletak di propinsi Yala Thailand Selatan sebagai lokasi penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan Pendidikan Agama Islam di Mahad Al-Tarbiyah Al-Diniyah; untuk mengetahui materi Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di Ma'had Al-Tarbiyah AlDiniyah; untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Pendidikan Agama Islam di Mahad Al-Tarbiyah Al-Diniyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena obyeknya empiris, maka salah satu metodenya adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Karena data bersifat kualitatif, maka penulis, menggunakan analisis deskriptif non statistik. Adapun metode analisis dalam penelitian ini adalah induktif dan deduktif. Metode ini digunakan untuk mengolah atau menganalisis, tujuan Pendidikan Agama Islam, materi Pendidikan Agama Islam dan metode Pendidikan Agama Islam di Mahad Al-Tarbiyah Al-Diniyah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Tujuan Pendidikan Agama Islam di Mahad al-Tarbiyah al-Diniyah dibagi menjadi tujuan institusional dan tujuan kurikuler. Tujuan institusional mencakup (a) menmgkatkan aspirasi pendidikan warga negara muslim; (b) meningkatkan aspirasi dan membantu pendidikan siswa yang kurang mampu; (c) menyebarkan agama Islam; (d) melaksanakan amalan yang baik dan bekerjasama dengan masyarakat; (e) mempersiapkan diri sebagai kader agama, sehingga, dapat melaksanakan tugas dengan baik. Tujuan kunkuler mencakup; (a) mempunyai ilmu dan keterampilan dalam bidang agama, sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman; (b) meningkatkan ajaran agama berdasarkan pemahaman yang tepat atas al-Quran dan Hadits; (c) mampu menganalisa masalah dalam masyarakat, memiliki cara pemecahannya dengan tepat, serta mempunyai pikiran yang kreatif untuk kemajuan masyarakat; (d) siswa dapat memahami tentang keimanan, beriman kepada ajaran Islam, mampu membawa misi Islam dalam realitas kehidupan; (e) mempunyai sifat disiplin, kepercayaan diri, rajin, ikhlas, sabar dan mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan diri sendiri; (f) siswa dapat menghayati dan mengamalkan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari secara baik dan benar. (2) Materi pendidikan agama Islam yang terdapat pada mahad al-Tarbiyah al-Diniyah adalah sebagai berikut: Al-Quran, Hadits, Fiqh, Bahasa Arab, Tarikh (3) Metode pengajaran. Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan metode ceramah, metode tanya. jawab, dan metode latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Ma'had Al-Tarbiyah al-Diniyah, Yala, Thailand Selatan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Sep 2012 22:15
Last Modified: 03 Sep 2012 22:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum