UPAYA PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SD BUDI MULIA DUA SETURAN SLEMAN YOGYAKARTA

NOVIA UTAMI, NIM. 13480010 (2017) UPAYA PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SD BUDI MULIA DUA SETURAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SD BUDI MULIA DUA SETURAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13480010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SD BUDI MULIA DUA SETURAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13480010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK, Novia Utami, "Upaya Penanaman Nilai Moral pada Peserta Didik SD Budi Mulia Dua Seturan", Yogyakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. SD Budi Mulia Dua Seturan adalah sekolah yang menerapkan delapan basis pembelajaran, salah satunya setiap individu adalah unik. Dengan motto "Bersekolah dengan senang dan senang di sekolah". Untuk menanamkan nilai moral, sekolah mempunyai upaya yang kreatif dengan menghargai keunikan peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya penanaman nilai moral menghargai keunikan peserta didik kelas IV SD Budi Mulia Dua Seturan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Budi Mulia Dua Seturan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif kata, atau kalimat, yang disusun secara cermat dan sistematis mulai dari menghimpun data hingga menafsirkan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian upaya penanaman nilai moral menghargai keunikan peserta didik kelas IV SD Budi Mulia Dua Seturan antara lain: (1) Mewujudkan motto sekolah bersekolah dengan senang dan senang di sekolah, (2) Mewujudkan sekolah yang toleran, (3) Menanamkan toleransi dalam beragama, (4) Membuat kebijakan yang menyesuaikan antara kurikulum dengan penggalian keunikan peserta didik, (5) Menciptakan kelas yang heterogen, (6) Memperhatikan tumbuh kembang peserta didik yang penuh dengan tantangan, (7) Mengukur kemampuan dari berbagai aspek untuk menjadi juara, (8) Menanamkan rasa percaya diri, (9) Menumbuhkan sikap bekerja sama, (10) Menerapkan kemampuan dalam kehidupan, (11) Menerapkan konsekuensi positif, (12) Melakukan opening pagi sebelum belajar, (13) Melakukan pendekatan pribadi, (14) Menanamkan peduli sosial, (15) Guru menjadi fasilitator bagi peserta didik, (16) Menyadari dunia anak adalah dunia bermain, (17) Menjalin kerjasama dan komunikasi dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Penanaman Nilai Moral Menghargai Keunikan Individu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:39
Last Modified: 06 Dec 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum