IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

KURROTU’AINI NURUL MA’RIFAH, NIM. 13480060 (2017) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA)
13480060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA PADA SISWA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA)
13480060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurrotu’aini Nurul Ma’rifah. 2017. Implementasi Gerakan Literasi melalui Pembiasaan Membaca pada Siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui pembiasaan membaca pada siswa di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dan faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang dilakukan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)implementasi Gerakan Literasi Sekolah yang dimulai pada pertengahan semester genap, baru pada tahap pembiasaan. Pembiasaan membaca pada siswa dilakukan dengan sekolah mengupayakan lingkungan akademik, fisik, sosial, dan afektif menjadi ramah literasi melalui program perpustakaan mini di setiap kelas, membaca 15 menit di perpustakaan mini, jadwal wajib kunjung ke perpustakaan, serta pemberian penghargaan kepada kelas dengan tingkat literasi yang baik, (2)faktor pendukung implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam pembiasaan membaca pada siswa adalah, adanya program-program penunjang, motivasi dari wali kelas, dan ketersediaan sarana serta prasarana. Faktor penghambatnya adalah hilangnya beberapa koleksi buku di perpustakaan mini, karena siswa yang meminjam buku tidak mengembalikan, perpindahan kelas, atau buku dibawa pulang kembali oleh siswa, sehingga kelengkapan koleksi perpustakaan mini di kelas menjadi menurun. Beberapa siswa ada yang kurang minat terhadap kegiatan membaca dan beberapa wali kelas juga kurang komitmen serta perhatian untuk kegiatan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Gerakan, Sekolah, Membaca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:19
Last Modified: 13 Dec 2017 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum