UPAYA PEMBINAAN SISWA BERPRESTASI UNTUK OLIMPIADE SAINS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR TAHUN 2015-2017

TITI PAMBUDI, NIM. 13480074 (2017) UPAYA PEMBINAAN SISWA BERPRESTASI UNTUK OLIMPIADE SAINS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR TAHUN 2015-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBINAAN SISWA BERPRESTASI UNTUK OLIMPIADE SAINS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR TAHUN 2015-2017)
13480074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBINAAN SISWA BERPRESTASI UNTUK OLIMPIADE SAINS DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR TAHUN 2015-2017)
13480074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Titi Pambudi, 2017. Upaya Pembinaan Siswa Berprestasi untuk Olimpiade Sains di SD Muhammadiyah Condongcatur Tahun 2015-2017. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya pembinaan yang dilakukan sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembinaan bagi siswanya yang berprestasi untuk olimpiade sains di SD Muhammadiyah Condongcatur tahun 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di SD Muhammadiyah Condongcatur. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembinaan dilakukan dengan cara menyeleksi siswa kelas 3, 4 dan 5 dengan 3 tahapan, dimana tingkat kesulitan soal pada tiap tahapan semakin sulit. Pembinaan dilakukan 3 kali dalam seminggu selama satu tahun penuh. Pembinaan tidak hanya berupa materi tetapi juga pemberian motivasi. Kegiatan pembinaan secara garis besar berupa pembinaan materi, praktikum dan juga evaluasi. Guru yang mengajar pembinaan berjumlah 7 orang dan dilakukan dengan team teaching. Selain pembinaan secara rutin juga terdapat pembinaan secara intensif yang dilakukan selama satu minggu penuh sebelum perlombaan. Pembinaan intensif dilaksanakan pada pagi hari, sehingga siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran di kelas seperti biasanya. Faktor pendukung kegiatan pembinaan yang pertama adalah sekolah mendukung siswanya dengan cara menyediakan guru yang memang kompeten pada bidang sains. Pihak sekolah juga mengundang dosen UNY dan pembina provinsi untuk ikut membina tim olimpiade. Kedua, sekolah mendukung tim olimpiade dengan menanggung dari segi pendanaan pembinaan dan pendampingan olimpiade. Ketiga, pihak sekolah juga memberikan beasiswa untuk siswa berprestasi dan guru yang mendampingi. Prestasi bidang olimpiade sains SD Muhammadiyah Condongcatur dapat dikatakan bagus sehingga dijadikan sebagai sekolah percontohan dalam membina siswa olimpiadenya. Keempat, siswa semangat dan aktif dalam kegiatan pembinaan. Kelima, guru pembina sudah berpengalaman dalam membina tim olimpiade. Faktor penghambat kegiatan pembinaan adalah perlengkapan laboratorium yang kurang lengkap, waktu anak-anak dan guru yang cukup padat, sulitnya mengakses kisi-kisi dan soal olimpiade sebelumnya serta bergantinya kurikulum dari KTSP menjadi K13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Olimpiade, Olimpiade Sains, OSN
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:30
Last Modified: 13 Dec 2017 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28621

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum