EFEKTIVITAS STRATEGI CIRCLE OF QUESTIONS DALAM MEMAHAMI BACAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAGUNG

NUR MUHAMAD JUMARIYANTO, NIM. 13480093 (2017) EFEKTIVITAS STRATEGI CIRCLE OF QUESTIONS DALAM MEMAHAMI BACAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI CIRCLE OF QUESTIONS DALAM MEMAHAMI BACAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAGUNG)
13480093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI CIRCLE OF QUESTIONS DALAM MEMAHAMI BACAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MIN KEBONAGUNG)
13480093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nur Muhamad Jumariyanto (13480093), Efektivitas Strategi Circle of Questions dalam Pemahaman Membaca Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIN Kebonagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan kemampuan pemahaman membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Circle of Questions dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Know-Want to learn-Learned (KWL), dan 2) efektivitas strategi Circle of Questions dalam pemahaman membaca pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN Kebonagung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kebonagung yang berjumlah 59 siswa terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Circle of Questions dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Know-Want to learn-Learned (KWL). Hal ini dibuktikan dari analisis uji t data post test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,042 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Hasil uji efektivitas menggunakan uji Gain Score diperoleh Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,044 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya strategi Circle of Questions teruji efektif dalam pembelajaran pemahaman membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, strategi Circle of Questions, pemahaman membaca
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:42
Last Modified: 13 Dec 2017 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum