PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI DROP EVERYTHING AND READ (DEAR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (MI)

Sugiarsih, Septia (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI DROP EVERYTHING AND READ (DEAR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (MI). AL BIDAYAH, Vol. 9 (No. 2). pp. 47-58. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Image
Cover AL BIDAYAH Desember 2017.png - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI DROP EVERYTHING AND READ (DEAR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (MI))
Septia Sugiarsih - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI DROP EVERYTHING AND READ (DEAR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (MI).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (985kB)

Abstract

Keterampilan membaca di sekolah dasar menjadi fondasi atau dasar penentu keberhasilan belajar siswa. Namun sayangnya, keterampilan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia memiliki kecenderungan yang rendah. Hasil penelitian PIRLS menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia menempati urutan ke 41 dari 45 negara. Hasil penelitian EGRA menunjukkan bahwa 50% dari 4323 siswa kelas III SD di Indonesia dapat membaca (melek huruf), tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya yang benar-benar memahami apa yang dibaca. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) adalah melalui DEAR (Drop Everything and Read) yang berarti tinggalkan semua aktivitas dan bacalah. DEAR dapat dijadikan suatu program penggalakan kebiasaan membaca pada siswa melalui program rutin. Pelaksanaan DEAR di sekolah dasar dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak di pagi hari sekitar 15-30 menit meninggalakan semua aktivitas untuk membaca. DEAR dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah baik siswa, guru, maupun karyawan. Bahan bacaan dalam DEAR dipilih sendiri oleh siswa yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya. DEAR membuat siswa senang membaca, gemar membaca, terbiasa membaca, dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan sehingga tercipta budaya membaca pada masing-masing siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Melalui DEAR keterampilan membaca siswa akan meningkat. Kata kunci: membaca, DEAR ABSTRACT Reading skills in elementary school are the foundation of student learning success. Unfortunately, the reading skill of elementary school students in Indonesia has a low tendency. The result of PIRLS research shows that the reading skill of fourth grade students of elementary school in Indonesia ranks 41 out of 45 countries. The results of EGRA’s research show that 50% of the 4323 third graders of elementary school in Indonesia can read, but only half of that number who really understand what is read. Based on these facts, it is required an effort to improve the reading skills of elementary school students in Indonesia. One effort that can be done to improve the reading skills of elementary school students is through DEAR (Drop Everything and Read) which means leave all the activity and read. DEAR can be used as a program of reading habit among students through routine program. Implementation of DEAR in elementary school can be done by taking a moment in the morning at about 15-30 minutes to leave all activity to read. DEAR is implemented by all school residents whether students, teachers, or employees. The reading material in DEAR is self-selected by students who match their interests and ability levels. DEAR makes students happy to read, like reading, accustomed to reading, and make reading as a requirement so as to create a culture of reading in each student either in school or at home. Through DEAR students’ reading skills will increase. Keywords: reading, DEAR

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: reading, DEAR, membaca, DEAR
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2017 08:33
Last Modified: 18 Dec 2017 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum