IKLAN DAN PEMBENTUKAN MITOS MUSLIMAH (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN JILBAB ZOYA)

YANUAR SOFYAN HIDAYAT, NIM. 10540056 (2017) IKLAN DAN PEMBENTUKAN MITOS MUSLIMAH (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN JILBAB ZOYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IKLAN DAN PEMBENTUKAN MITOS MUSLIMAH (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN JILBAB ZOYA))
10540056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IKLAN DAN PEMBENTUKAN MITOS MUSLIMAH (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP IKLAN JILBAB ZOYA))
10540056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pasca tahun 2000 produk iklan semakin variatif dan terus berkembang dengan berbagai mitos berbeda yang dibawa oleh produk iklan itu. Iklan kini tidak hanya menyuguhkan barang yang dibutuhkan masyarakat, tetapi juga barang yang di inginkan masyarakat. Bahkan lebih jauh dari itu iklan selalu menemukan celah dan membuat mitos agar masyarakat selalu merasa kekurangan akan kebutuhan identitas dirinya. Salah satu konsekuensinya masyarakat ada yang terpedaya dengan produk-produk baru. Di antara berbagai produk iklan yang bermunculan, iklan jilbab zoya menjadi salah satu iklan yang paling massif disuguhkan. Fokus pasar iklan jilbab zoya sendiri ialah masyarakat kalangan kawula muda yang notabennya sedang mencari identitas diri, pengakuan diri, ajang aktulisasi, hingga identifikasi pada diri sendiri, dan sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan bentuk penyajiannya deskriptif Analisis kualitatif. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini berupa iklan-iklan jilbab zoya. data sekundemya berupa buku teori. Teknik pengumpulan data ini berupa pengambilan data dari iklan jilbab zoya. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis iklan ini adalah dengan metode semiotika. Selanjutnya untuk membedah mitos iklan-iklan jilbab zoya digunakan teori semiotika mitos Roland Barthes dengan menelaah makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa penelitian ini mengkaji mitos muslimah yang melekat pada iklan jilbab zoya. Penilitian ini menjelaskan mulai dari makna detotasi, konotasi dan mitos iklan jilbab zoya. Dari pengkajian tersebut di peroleh hasil penelitian bahwa apa yang terkandung dalam scene-scene iklan jilbab zoya terdapat makna denotasi, konotasi, dan mitos muslimah. Mitos muslimah yang terdapat pada beberapa iklan jilbab zoya digambarkan antaranya yaitu, seorang wanita muslimah dapat menjadi seorang ibu yang baik, dapat mendidik anak, menganyomi keluarga. Seorang wanita muslimah harus mentaati suaminya sebagai kepala keluarga, menyenangkan hati suami dengan menjalankan tugas sebagai istri. Dalam iklan jilbab zoya mitos muslimah juga di suguhkan bahwa wanita muslimah selain menjadi seorang istri dan ibu juga dapat menjadi wanita karir yang profesional, energik, kreatif, rendah hati, berhati lembut kepada sesama dengan ramah dan murah senyum. Jadi mitos muslimah yang melekat dalam iklan jilbab zoya setidaknya cukup mewakili seorang muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj Adib Sofia, S.S., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Iklan, Mitos, Semiotioka Roland Barthes, Jilbab Zoya
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:10
Last Modified: 02 Jan 2018 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum