EPISTEMOLOGI SAINS ISLAM (STUDI PEMIKIRAN AGUS PURWANTO DALAM BUKU AYAT-AYAT SEMESTA DAN NALAR AYAT-AYAT SEMESTA)

MOHAMAD YASIN YUSUF, NIM. 1330016007 (2017) EPISTEMOLOGI SAINS ISLAM (STUDI PEMIKIRAN AGUS PURWANTO DALAM BUKU AYAT-AYAT SEMESTA DAN NALAR AYAT-AYAT SEMESTA). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI SAINS ISLAM (STUDI PEMIKIRAN AGUS PURWANTO DALAM BUKU AYAT-AYAT SEMESTA DAN NALAR AYAT-AYAT SEMESTA))
1330016007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI SAINS ISLAM (STUDI PEMIKIRAN AGUS PURWANTO DALAM BUKU AYAT-AYAT SEMESTA DAN NALAR AYAT-AYAT SEMESTA))
1330016007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi pemikiran tokoh melalui kajian document studies terhadap pemikiran Agus Purwanto dalam buku Ayat-Ayat Semesta dan Nalar Ayat-Ayat Semesta dan didukung studi subjek penelitian, berupa penjelasan langsung dari Agus Purwanto. Dalam penelitian ini ditemukan hasil penelitian, bahwa dari tiga kluster hubungan Islam dan sains, yaitu: Islamisasi Sains, Saintifikasi Islam dan Sains Islam, maka gagasan Agus Purwanto terletak pada kluster yang ketiga, yaitu Sains Islam. Sains Islam adalah konstruksi sains yang berbasis wahyu. Karena itu, Agus Purwanto menawarkan 800 ayat-ayat kauniyah dalam al-Qur’an untuk dapat dilakukan analisis teks, yang kemudian dilanjutkan dengan observasi dan eksperimentasi fenomena alam secara langsung dengan menggunakan metode ilmiah. Dalam tataran ini, epistemologi Sains Islam berarti epistemologi sains modern plus atau diperluas, yaitu plus penerimaan wahyu sebagai sumber informasi dan plus metodologi yang tidak tunggal atau memiliki kemajemukan metodologis (integralistik). Dari hasil temuan penelitian, maka peneliti mengembangkan gagasan Agus Purwanto tersebut ke arah metodologi dalam epistemologi Sains Islam yang digali dari pemikiran Agus Purwanto sekaligus diperkuat dengan konfigurasi teori dari para intelektual Muslim yang lainnya. Metodologi dalam epistemologi Sains Islam tersebut adalah, pertama, landasan dasarnya adalah wahyu (al- Qur’an dan as-Sunah) serta alam (sunatullah) sebagai dasar bangunan sains (transendental-objektif). Kedua, prosesnya adalah melakukan analisis sintesis melalui integrasi keilmuan, antara pemahaman wahyu dengan khazanah keilmuan yang lainnya, termasuk ilmu pengatahuan modern. Ketiga, hasilnya adalah sebuah paradigma baru ilmu pengetahuan (paradigma Sains Islam) berparadigma wahyu, yang memiliki sifat objektifikasi, yaitu akan bermanfaat untuk seluruh umat manusia. Selanjutnya, secara keseluruhan metodologi dalam epistemologi Sains Islam tersebut dinamakan dengan transendental-sintesis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Agus Purwanto, epistemologi Sains Islam, buku Ayat- Ayat Semesta dan Nalar Ayat-Ayat Semesta
Uncontrolled Keywords: Agus Purwanto, epistemologi Sains Islam, buku Ayat- Ayat Semesta dan Nalar Ayat-Ayat Semesta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:21
Last Modified: 02 Jan 2018 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum