ANALISIS ISU KLAIM, SURPLUS UNDERWRITING, KREDIBILITAS PELAKU INDUSTRI, DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DAN NON-MUSLIM UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta)

IDHANA FAUZIAH, NIM. 13820095 (2017) ANALISIS ISU KLAIM, SURPLUS UNDERWRITING, KREDIBILITAS PELAKU INDUSTRI, DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DAN NON-MUSLIM UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISU KLAIM, SURPLUS UNDERWRITING, KREDIBILITAS PELAKU INDUSTRI, DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DAN NON-MUSLIM UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta))
13820095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISU KLAIM, SURPLUS UNDERWRITING, KREDIBILITAS PELAKU INDUSTRI, DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MUSLIM DAN NON-MUSLIM UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi pada PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta))
13820095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Asuransi syariah merupakan lembaga keuangan non bank yang memiliki prinsip saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melaui investasi dalam bentuk aset yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad. Minimnya kesadaran masyarakat akan asuransi syariah merupakan salah satu permasalahan yang masih menjadi alasan utama masyarakat belum memilih asuransi syariah. Pengaruh variabel-variabel yang terdapat dalam unsur asuransi diduga memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat dalam memilih produk asuransi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh isu klaim, surplus underwriting, kredibilitas pelaku industri, dan kredibilitas perusahaan terhadap minat nasabah atau masyarakat muslim dan non muslim untuk menggunakan produk asuransi syariah di PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT AJS Bumiputera Kantor Cabang Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan probability sampling dengan metode random sampling. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Terdapat 97 kuesioner yang diolah dalam penelitian ini. Selain kuesioner, penelitian ini juga menggunakan media wawancara dan observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji linear berganda dengan program SPSS 20.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isu klaim, surplus underwriting, dan kredibilitas perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah. Sedangkan kredibilitas pelaku industri berpengaruh negatif signifikan terhadap minat nasabah. Hal tersebut berarti bahwa pada variabel kredibilitas pelaku industri, jika kredibilitas pelaku industri semakin tinggi maka minat nasabah terhadap asuransi syariah semakin rendah. Kata Kunci: Isu Klaim, Surplus Underwriting, Kredibilitas Pelaku Industri, Kredibilitas Perusahaan, Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., AK., CA
Uncontrolled Keywords: Isu Klaim, Surplus Underwriting, Kredibilitas Pelaku Industri, Kredibilitas Perusahaan, Minat Nasabah
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2017 15:21
Last Modified: 18 Dec 2017 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum