SURAH 'ANAYAT HANIM FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NASAIYYAH)

Tazkiyyatul Amanah, NIM. 13110053 (2017) SURAH 'ANAYAT HANIM FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NASAIYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SURAH 'ANAYAT HANIM FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NASAIYYAH))
13110053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SURAH 'ANAYAT HANIM FI AL RIWAYAH LAYL WA QUDBAN LI NAJIB AL KAYLANIY (DIRASAH NAQDIYYAH ADABIYYAH NASAIYYAH))
13110053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Novel karya Najib Kailani ini menceritakan tentang kerasnya hidup dibalik penjara Arab Saudi, yang dialami oleh tokoh laki-laki yaitu Faris dalam novel tersebut. Juga terdapat tokoh perempuan bernama Inayah yang merasakan kesengsaraan dalam rumah tangganya. Hingga mereka berdua dipertemukan dalam hubungan yang terlarang. Tokoh wanita dalam novel sangat mempengaruhi alur cerita yang ada. Penulis menggunakan kritik sastra feminis sebagai pisau analisis dalam penelitian ini. Dengan menggunakan konsep reading as women dari Culler untuk membongkar praduga dan ideologi kekuasaan laki-laki yang androsentris dan patriarkhat. Kajian dengan menggunakan kritik sastra feminis terhadap novel ini sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu metode dengan menganalisis uraian-uraian dalam novel yang berkaitan dengan tokoh si perempuan. Tujuan penelitian adalah menganalisis tokoh perempuan dengan melihat kekerasan yang dialaminya untuk mengetahui bagaimana citra perempuan dalam novel Lail wa Qudhban karya Najib Kailani dilihat dari perilaku tokoh perempuan dalam menghadapi kehidupannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel merupakan karya feminis namun masih terdapat prasangka gender didalamnya. Dan tokoh perempuan dalam menghadapi penindasan dalam hidupnya terkadang ia menerima dan ia juga melakukan pemberontakan. Kata kunci: novel “Lail wa Qudhban”, kritik sastra feminis, dan reading as women

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. UKI SUKIMAN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: novel “Lail wa Qudhban”, kritik sastra feminis, dan reading as women
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:06
Last Modified: 27 Dec 2017 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum