SHAKHSIYYAH NURAH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG)

NENG RAHMA NAVILY, NIM. 13110102 (2017) SHAKHSIYYAH NURAH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SHAKHSIYYAH NURAH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview
[img] Text (SHAKHSIYYAH NURAH FI AL QISSAH AL QASIRAH LAYLAT AL ZAFAF LI NAJIB AL KAYLANI (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI KAREL GUSTAV JUNG))
13110102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Syakhshiyyatu Nurah fil Qishshah Al-Qashirah Lailatu Az-Zifaf li Najib Al-Kailany Dirasah Tahliliyyah Nafsiyyah li Karl Gustav Jung ini menyajikan analisis tokoh Nurah dalam cerpen Lailatu az-Zifaf karya Najib Kailany berdasarkan teori Psikologi Karl Gustav Jung. Cerpen ini berisi tentang konflik kejiwaan yang dialami tokoh utama. Peneliti akan menjawab dua masalah yang mendasar, yaitu mengetahui kepribadian tokoh utama (Nurah) dan tipologi dari tokoh Nurah. Teori psikologi Karl Gustav Jung yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur kepribadian yang terdiri dari tiga sistem kepribadian yang saling berhubungan, yaitu kesadaran (counscious), ketidaksadaran pribadi (personal uncounscious), dan ketidaksadaran kolektif (collective uncounscious). Teori ini mendeskripsikan, mengungkapkan, dan menganalisis aspek-aspek kejiwaan yang dimiliki tokoh Nurah. Selain itu, terdapat tipe-tipe psikologi (psychological types) untuk menggolongkan manusia menjadi ekstravert dan introvert. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, suatu metode yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengn analisis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data primer adalah cerpen Lailatu Az-Zifaf. Data sekunder adalah buku, jurnal, dan referensi-referensi yang mendukung pelaksanaan penelitian. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Nurah dalam cerpen Lailatu az-Zifaf dilihat dari sikap dan fungsi jiwanya berdasarkan taraf sadar adalah seorang yang perasa dan ektrovert. Sedangkan, dalam taraf ktidaksadaran pribadinya adalah seorang yang pemikir dan introvert. Berdasarkan tipologinya nurah memiliki tipe Ektravert-Perasa dan Introvert-Pemikir. Kata kunci: Lailatu az-Zifaf, Psikologi Jung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. RIDWAN, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Lailatu az-Zifaf, Psikologi Jung
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:53
Last Modified: 27 Dec 2017 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum