PERAN GURU ANAK USIA DINI DI RA BINTANG KECIL WIROBRAJAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

ASMI RAHMAH, NIM. 13430016 (2017) PERAN GURU ANAK USIA DINI DI RA BINTANG KECIL WIROBRAJAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU ANAK USIA DINI DI RA BINTANG KECIL WIROBRAJAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
13430016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU ANAK USIA DINI DI RA BINTANG KECIL WIROBRAJAN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
13430016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah bahwa peran guru sangat penting dalam proses pendidikan karena salah satu tugas guru adalah berinteraksi kepada anak secara langsung. Peran ini sangat mempengaruhi tumbuh-kembang anak di sekolah. Namun, faktanya peran guru belum sepenuhnya dijalankan dengan baik seperti tindak kekerasan dan kasus lainnya sehingga tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Sehingga perlu adanya gambaran jelas terhadap peran guru. Sebagai salah satu solusi dengan mengkaji peran guru anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru anak usia dini yang terlihat di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta serta mengetahui relevansi antara peran guru anak usia dini di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta dan peran guru dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasif pasif, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan masalah. Sedangkan, dalam pengecekkan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru anak usia dini di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta yang muncul bisa dilihat dari dua fokus. yaitu peran guru dalam pengembangan potensi anak didik dan peran guru dalam pengembangan potensi diri. Adapun peran guru dalam pengembangan potensi anak didik meliputi peran guru sebagai pelatih, model, pengasuh, pengatur tekanan emosi anak, penasihat, motivator, pengajar, dan fasilitator. Sedangkan, dalam pengembangan potensi diri adalah peran guru sebagai pembelajar. (2) Adanya relevansi peran anak usia dini di RA Bintang Kecil Wirobrajan Yogyakarta dengan peran guru anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam yang terdiri dari murabbi, mudarris, muaddib, dan mu’allim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Anak Usia Dini, Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:25
Last Modified: 03 Jan 2018 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28812

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum