PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG, SEYEGAN, SLEMAN YOGYAKARTA

Arif Ismunandar NIM. 04471199, (2009) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG, SEYEGAN, SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG, SEYEGAN, SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG, SEYEGAN, SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitia ini diharapakan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi siswa dalam hal belajar serta memberi sumbangan kepada SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG SAYEGAN tentang bagaimana peran guru bimbingan dan konseling serta usaha-usaha yang di tempuh seorang konselor dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat lapangan (field research), dengan mengambil latar belakang SMP MA’ARIF SULTAN AGUNG. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan penelusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Kesimpulan yang dapat diambil dari skirpsi ini adalah pelaksanaan bimbingan konseling terangkum dalam program kerja tahunan sebagai kegiatan yang bersifat umum untuk membantu siswa mengembangkan dirinya, memahami lingkungan, mengembangkan kebiasaan belajar yang baik, mengatasi permasalahan yang dihadapi dan membantu siswa untuk dapat merencanakan masa depan dan program kerja semester dan mengetengahkan bentuk bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi,bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara maksimal, pelaksanaan tersebut di tempuh dengan beberapa usaha yaitu melalui usaha preventif yaitu usaha memelihara dan membina suasana dalam mencegah tingkah laku yang tidak diinginkan, usaha kuratif yaitu usaha untuk mencari tahu pelanggaran yang dilakukan siswa dengan metode pengumpulan data dan informasi, usaha represif yaitu usaha penanganan kenakalan siswa berupa pembinaan atau sebuah upaya untuk menindak perilaku kenakalan siswa dengan memberikan hukuman. Hasil yang dapat diambil dari peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII sudah baik, dengan ditandai peningkatan para siswa terutama siswa kelas VIII kembali bersemangat dalam belajar dan juga peran guru bimbingan dan konseling tidak hanya memperhatikan siswa-siswa yang melanggar kedisiplinan tetapi juga memperhatikan tentang prestasi belajar setiap murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Guru, Bimbingan, Konseling, Motivasi, Belajar, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 09 Aug 2012 15:48
Last Modified: 15 Mar 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum