ANALISIS KESALAHAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO YOGYAKARTA

CHOZIN ASROR NIM. 05420074-04, (2009) ANALISIS KESALAHAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN MENERJEMAHKAN BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X MAN WONOKROMO YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas X MAN Wonokromo yaitu mereka masih sering melakukan kesalahan ketika menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MAN Wonokromo dalam menerjemahkan teks bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan juga untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menerjemah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru bahasa Arab untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan cara berpikir secara induktif. Pendekatan yang digunakan adalah analisis kesalahan berbahasa yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Mengumpulkan sampel 2) Mengidentikasi dan mengklasifikasi kesalahan 3) Mengurutkan kesalahan 4) Menjelaskan kesalahan 5) Memprediksi daerah rawan kesalahan dan 6) Mengoreksi kesalahan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah a) Tes : untuk mengatahui kesalahan siswa b) Angket : untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan c) Wawancara : untuk memperoleh informasi tentang sekolah dan proses pembelajaran bahasa Arab d) Observasi : untuk mengetahui kondisi sekolah dan e) Dokumentasi : untuk melengkapi data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi aspek semantik, morfologi, sintaksis dan restrukturisasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menerjemah adalah latar belakang pendidikan siswa yang sebagian besar berasal dari sekolah umum, kesulitan siswa dalam mempelajari nahwu dan sharaf, rendahnya kesadaran siswa untuk menghafal mufrodat baru, siswa kurang dapat memahami isi teks yang diterjemah, perasaan siswa ketika menerjamah, dan guru jarang memberi tugas menerjemah. Adapun usaha–usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk menghindari dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah dengan melakukan analisis kontrastif antara bahasa Arab dengan bahasa Indonesia, memberikan kosa kata baru dan idiom bahasa Arab, sering melatih siswa untuk menerjemah dan selalu memberi motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, Terjemah, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Aug 2012 17:11
Last Modified: 03 Apr 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum