IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN)

AHMAD ALHADAD, NIM. 13420027 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN))
13420027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN))
13420027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketidaksesuain guru dalam mengajar menggunakan kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 guru dituntut untuk memberikan variasi atau model pembalajaran berbeda disetiap pembelajaran bahasa Arab. Namun, model yang diberikan guru masih cenderung monoton, yaitu metode ceramah. Sehingga membuat siswa cenderung bosan dan akan berdampak pula kepada ketercapaian tujuan belajar bahasa Arab yang kurang optimal. Selain itu latar belakang pendidikan siswa-siswi yang berbeda. Ada yang sudah bisa membaca dan menulis bahasa Arab, dan adapula yang belum bisa membaca dan menulis bahasa Arab. Untuk itu dibutuhkan variasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Eksperimen Design). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran ini serta mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab di kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning teknik cooperative integrated reading and compositiondalam pembelajaran bahasa Arab, dan kelas kontrol yang model klasik. Populasi ini adalah seluruh kelas VIII MTs N 4 Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas VIII F dan kelas VIII D. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji T post test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai thitungttabel (diterima) atau membaca 1.942 1.669 dan kitabah 1.1931.669 pada taraf signifikasi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T peningkatan pre test dan post test kelas eksperimen menunjukan bahwa kemampuan membaca tobservasi ttabel (ditolak). Sedangkan untuk kemampuan menulis tobservasi ttabel (diterima). Sehingga diperoleh qiraah 0.118 1.669 dan kitabah 6.119 1.669 pada taraf signifikasi 5%. Artinya kemampuan membaca tidak terdapat perbedaan yang signifikasi pada hasil pre test dan post test, dan kemampuan menulis terdapat perbedaan yang signifikasi antara hasil pre test dan post test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka model cooperative learning dengan teknik CIRC (cooperative integrated reading and composition) tidak menimbulkan perubahan peningkatan untuk kemampuan membaca bahasa Arab dan untuk kemampuan menulis bahasa Arab menimbulkan peningkatan bagi pembelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs N 4 Sleman tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, eksperimen, peningkatan kemampuan membaca dan kemampuan menulis.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 10:29
Last Modified: 05 Jan 2018 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum