BIMBINGAN MEDITASI ZEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL (STUDI ATAS KELOMPOK MEDITASI ZEN DI VIHARA BUDDHA PRABHA GONDOMANAN YOGYAKARTA)

KUMBANG SIGIT PRIYOAJI, NIM. 09520006 (2017) BIMBINGAN MEDITASI ZEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL (STUDI ATAS KELOMPOK MEDITASI ZEN DI VIHARA BUDDHA PRABHA GONDOMANAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN MEDITASI ZEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL (STUDI ATAS KELOMPOK MEDITASI ZEN DI VIHARA BUDDHA PRABHA GONDOMANAN YOGYAKARTA))
09520006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN MEDITASI ZEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESEHATAN MENTAL (STUDI ATAS KELOMPOK MEDITASI ZEN DI VIHARA BUDDHA PRABHA GONDOMANAN YOGYAKARTA))
09520006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini pencarian jalan keluar bagi ketegangan akibat adanya konflik dalam hidup manusia sudah banyak yang dilakukan, salah satunya adalah dengan melalui pendekatan agama maupun spiritual. Salah satu pendekatan agama maupun spiritual yang banyak dilirik dan dipandang mampu menjawab kebutuhan itu adalah meditasi. Penelitian ini mengambil judul Bimbingan Meditasi Zen dan Implikasinya terhadap Kesehatan Mental dengan tujuan untuk mengetahui motivasi para peserta bimbingan meditasi zen di Vihara Buddha Prabha, prosesi pelaksanaannya dan implikasinya terhadap kesehatan mental para pesertanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif field research atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara dan dokumen. Dalam pengambilan data, sumber datanya diperoleh dari pembimbing meditasi dan para peserta meditasi zen dari penganut agama yang berbeda-beda, yaitu Kristen, Islam dan Buddhis. Secara umum, para peserta yang hadir mempunyai motivasi yang melatarbelakangi bergabungnya dalam bimbingan meditasi Zen karena kebutuhan untuk mendapatkan ketenangan maupun pencarian akan makna dalam hidup. Dalam praktik di Vihara Buddha Prabha para peserta belajar tentang Zen dan bagaimana melakukan praktik Zen berupa meditasi untuk mengenali pikiran dan berdamai dengan penderitaan. Para peserta dipersilahkan untuk bertanya mengenai problemproblem dalam mempelajari meditasi dan bagaimana memahami praktik zazen dalam sesi diskusi dan tanya jawab setelah praktik meditasi dilaksanakan. Meskipun para peserta meditasi ini datang silih berganti namun banyak juga yang konsisten mempraktikkannya dan umumnya merasakan manfaat dari meditasi tersebut seperti yang mereka harapkan berupa perubahan dalam diri masingmasing. Perubahan tersebut menunjukkan adanya indikasi ke arah mental yang sehat sesuai dengan kriteria kesehatan mental sehingga dapat dilihat adanya implikasi meditasi Zen terhadap pembentukan mental yang sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Singgih Basuki, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Zen, Zazen, Kesehatan mental
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2018 15:32
Last Modified: 08 Jan 2018 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum