MULTIKULTURALISME ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

RAIS FAUZI SPDI, NI. 1420411114 (2017) MULTIKULTURALISME ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MULTIKULTURALISME ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
1420411114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MULTIKULTURALISME ABDURRAHMAN WAHID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA)
1420411114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana multikulturalisme Abdurrahman Wahid relevan dengan pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Indonesia yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya dan agama tentunya memerlukan suatu ide untuk dapat mempersatukan penduduknya dan meminimalisir adanya perselisihan dalam perbedaan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan persatuan adalah melalui pendidikan khusunya pendidikan Islam karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk Untuk mengetahui konsep multikulturalisme Abdurrahman Wahid dan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan Abdurrahman Wahid dalam merealisasikan multikulturalisme dalam pendidikan Islam di Indonesia. Adapun jenis penelitian adalah penelitian pustaka (library research). Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitis, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskriptifkan keberadaan makna yang tersirat, kemudian diuraikan secara teratur seluruh konsep yang ada relevansinya dengan pembahasan yaitu multikulturalisme pemikiran Abdurahman Wahid, relevansinya dengan pendidikan Islam. Kemudian data-data yang telah terkumpul disusun sebagaimana mestinya, kemudian diadakan sebuah analitis yang mendalam. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan hermeneutik, pendekatan ini merupakan aktifitas interpretasi terhadap suatu objek yang mempunyai makna (meaning full form) dengan tujuan untuk menghasilkan kemungkinan pemahaman objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep multikulturalisme Abdurrahman Wahid relevan dengan pendidikan Islam di Indonesia. Hal itu terbukti dengan adanya nilainilai yang dijunjung tinggi olehnya dalam aspek manusia seperti nilai persamaan derajat, nilai demokrasi dan nilai kesetaraan gender yang ditujukan kepada guru dan peserta didik dalam proses pendidikan Islam. Adapun aspek lain yang relevan adalah aspek kurikulum yang dibagi menjadi aspek materi dan aspek evaluasi. Materi yang dikembangkan dalam pendidikan Islam yang multikultural ini adalah tentang hak-hak minoritas dan kebebasan berpikir yang dimiliki peserta didik. Dalam aspek evaluasi pendidikan Islam yang multikultural peserta didik mempunyai hak untuk membahasakan pengetahuan dengan bahasanya sendiri, kritis dan terbuka terhadap berbagai perbedaan. Peserta didik adalah pribadi yang kreatif dan mempunyai ide-ide baru untuk mengembangkan kritik pengetahuan terhadap pengetahuan yang konvensional yang otoritatif dan doktriner. Selanjutnya dalam aspek metode, ada beberapa metode yang relevan untuk dilaksanakan dalam pendidikan Islam yang multikultural yaitu metode dialogis, metode inovasi, metode pembelajaran langsung dan metode kooperatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme dan Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2018 14:24
Last Modified: 08 Jan 2018 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum