PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA TAHANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS IIB WONOSARI DAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK IIA KUTOARJO

NUNUNG HIDAYATI, NIM. 1520410044 (2017) PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA TAHANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS IIB WONOSARI DAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK IIA KUTOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA TAHANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS IIB WONOSARI DAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK IIA KUTOARJO)
1520410044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA TAHANAN ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK KELAS IIB WONOSARI DAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS ANAK IIA KUTOARJO)
1520410044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, yaitu pemilihan subjek penelitian dengan cara sengaja oleh peneliti berdasarkan kriteria dengan pertimbangan dan tujuan penelitian. Sebjek penelitian ini adalah kepala LPKA, petugas LPKA, dan Anak yang tinggal di LPKA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif, dengan langkah langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa Pembinaan agama Islam di kedua LPKA tersebut adalah Anak di LPKA Wonosari dipandu oleh petugas secara rutin. Kegiatan keagamaan tersebut meliputi shalat lima waktu di dalam masjid, melaksanakan shalat jumat, belajar membaca al-Qur’an dan shalat. Sedangkan di LPKA Kutoarjo pembinaan agama Islam sendiri terdiri dari kegiatan-kegiatan berikut ini: (a) kegiatan sholat wajib berjamaah (b) kajian ilmu agama (c)pelatihan baca tulis Al- Qur’an (d) sholat dhuha (e) perayaan hari besar Islam. Persamaan dalam pembinaannya adalah: a.Bekerjasama dengan berbagai lembaga di luar LPKA. b.Mengutamakan program pembinaan moral. c.Adanya program pelatihan baca tulis al-qur’an dan pelatihan shalat. Perbedaan :a. Pembinaan agama Islam di LPKA Wonosari belum terstruktur rapi seperti yang ada di LPKA Kutoarjo. Di LPKA Wonosari beberapa program masih bersifat kondisional. b.Jumlah Anak yang ada di LPKA Kutoarjo lebih banyak dibandingkan yang ada di LPKA Wonosari c.Letak bangunan LPKA Wonosari berada di dalam komplek Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Wonosari. Hasil pembinaan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak di Wonosari dan di Kutoarjo cukup baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, narapidana anak
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:33
Last Modified: 09 Jan 2018 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum