ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO

MALIK B GIU, NIM. 1520410064 (2017) ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO)
1520410064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS PAHAM DERADIKALISME DI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT TILAMUTA GORONTALO)
1520410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari keinginan peneliti untuk melihat bagaimana nilai-nilai Pendidikan multikultural yang ditanamkan di PP. Alkhairaat Tilamuta yang berbeda bahasa, berbeda budaya, suku dan dipersatukan dalam lingkungan pondok pesantren. Sangat menarik diperhatikan dengan adanya kebijakan yang di terapkan di PP. yang mana kebijakan itu tidak pandang bulu, dan mereka juga disibukkan dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan baik kegiatan formal di sekolah maupun non formal di asrama dan juga kegiatan di luar pondok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang berusaha memaparkan secara sistematis materi-materi pembahasan yang berbagai sumber kemudian dianalisis dengan teliti guna memperoleh hasil sebagai kesimpulan. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan sosiologi. Hasil penelitian menunjukan: (1) kebijakan yang ditanamkan di Pondok Pesantren Alkhairaat Tilamuta adalah kebijakan yang menanmkan nilai-nilai Pancasila, menjunjung tinggi nilai pluralisme, demokrasi, dan mencetak santri yang ber-Islam moderat. (2) Adapun analisis kebijakan di PPAT adalah semuanya sudah memenuhi standar yang diinginkan oleh pemerintah., sekalipun fasilitas, sarana dan prasarana masih belum lengkap tetapi mereka bisa bersaing sesuai dengan persaingan global. (3) Nilai-nilai yang ditanamkan di PPAT cukup beragam, diantaranya nilai demokrasi nilai kebersamaan, nilai saling tolong menolong, saling menghargai dan nilai toleransi diantara mereka, melalui nilai inilah yang menumbuhkan rasa kebersamaan, muncul sikap saling tolong menolong, toleransi dan lain sebagainya. (4) Dampak internal dan eksternal belajar di PPAT adalah selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat,bisa mencetak santri yang mandiri, bisa memiliki peluang besar keperguruan tinggi yang bertaraf internasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebijakan, Nilai-nilai, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:39
Last Modified: 09 Jan 2018 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum