DIMENSI PROFETIK PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DAN KENUAN

SULISTIONO SHALLADDIN ALBANY, NIM. 1520411006 (2017) DIMENSI PROFETIK PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DAN KENUAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DIMENSI PROFETIK PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DAN KENUAN)
1520411006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DIMENSI PROFETIK PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY’ARI TENTANG KONSEP PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DAN KENUAN)
1520411006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dimensi profetik yang ada dalam diri KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy‟ari merupakan sebuah keistimewaan yang ada pada diri beliau. Pendidikan Kemuhammadiyahan dan KeNUan yang merupakan bentuk pengejawantahan dari pemikiran para pendirinya seharusnya sejalan dan selaras dalam hal dimensi profetik yang ada pada diri pendirinya. Memahami Pendidikan Muhammadiyah dan Kemuhammadiyahan dan pendidikan NU dan KeNUan dengan menelaah pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy‟ari melalui analisis profetik perlu untuk dilakukan penelitian dikarenakan dapat menjadi bahan perbandingan dan evaluasi untuk pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia agar lebih berdampak kepada Umat. Jenis penelitian ini adalah library research (kajian pustaka), menggunakan metode dokumentasi, langkahnya dengan dilakukan identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, koran, web (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukan Dimensi Profetik pemikiran Pendidikan KH. Ahmad Dahlan dalam unsur pemikiran pendidikan humanis dengan pendidikan Islam modern, pendirian organisasi Muhammadiyah, persatuan Umat. Unsur pendidikan Liberasi praktek kedermawanan harta benda di jalan Allah, Akomodatif kepada penjajah. Unsur Pendidikan transendensi dengan pemurnian agama, praktek meluruskan kiblat, memperbanyak beramal. Dimensi Profetik pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy‟ari dalam unsur pemikiran pendidikan humanis dengan Pendidikan Islam Tradisional, pendirian organisasi Nahdhatul Ulama, Ukhuwah Islamiyah. Unsur pemikiran pendidikan Liberasi pemberdayaan fakir miskin dan anak yatim, resistensi kepada penjajah. Unsur pemikiran pendidikan transendensi ketauhidan dan sufi, pengamalan madzhab, niat yang benar bagi para pencari Ilmu. Implikasi dimensi profetik KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy‟ari terhadap pendidikan Kemuhammadiyahan dan KeNUan terdapat dalam setiap materi pelajaran tersebut dan Relevansi dimensi profetik KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy‟ari terhadap pendidikan Kemuhammadiyahan dan KeNUan bagi pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia terdapat dalam aspek peningkatan sistem yang diwujudkan dengan pengembangan kebijakan muatan Kurikulum pendidikan Islam di Sekolah. Aspek kedua dengan peningkatan proses pembelajaran yang diwujudkan dengan pengembangan Prinsip Pendidikan Islam. Aspek ketiga peningkatan kualitas hasil belajar peserta didik yang diwujudkan dengan pengembangan pendekatan, metode dan kompetensi Pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Profetik, KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim Asy’ari
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 12:04
Last Modified: 09 Jan 2018 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum